Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Kabar Baik, Pasangan Pengantin Kini Bisa Langsung Bawa Pulang e-KTP dan KK Usai Akad Nikah

Terobosan inovatif kini dilakukan Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Pangkalpinang melalui pemberian kartu tanda penduduk eletronik

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Kepala Dukcapil Kota Pangkalpinang, Darwin. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA - Terobosan inovatif kini dilakukan Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Pangkalpinang melalui pemberian kartu tanda penduduk eletronik (e-KTP) dan kartu keluarga (KK) kepada pasangan nikah usai melakukan prosesi akad nikah, Rabu (17/2/2021).

Bekerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pangkalpinang, program tersebut akan memberikan empat dokumen sekaligus yakni buku nikah, kartu nikah, e-KTP dan KK.

"Masyarakat yang menikah di Kantor Urusan Agama (KUA) jika pelaksanaannya di hari dan jam kerja, Senin sampai Jumat, itu akan mendapatkan beberapa dokumen langsung," ujar Kepala Dukcapil  Pangkalpinang, Darwin, Rabu (17/2/2021).

Untuk persyaratan Darwin mengatakan tetap sama, namun untuk kelengkapan dokumen pembuatan E-KTP dan KK akan diminta sejak pasangan calon pengantin mendaftarkan pernikahannya di KUA.

"Persyaratan terlebih dahulu mereka kan sudah ke KUA dan selama proses itu mereka juga menyiapkan proses penerbitan e-KTP dan KK. Mereka kirim online ke kita jadi jika mereka sudah selesai melakukan akad nikah, nanti akan langsung kita cetak dan kita berikan langsung,"  katanya.

Selain itu tak hanya melakukan inovasi untuk pernikahan saja Dukcapil Pangkalpinang juga bekerja sama pada beberapa rumah sakit dan rumah bersalin untuk dapat langsung memberikan dokumen anak seperti akte kelahiran dan kartu identitas anak (KIA).

"Ada kerja sama dengan RSUD dan rumah bersalin, orang tua juga akan mendapatkan tiga dokumen yaitu KK baru, akte kelahiran dan KIA. Kita akan kerja sama dengan rumah sakit dan rumah bersalin, jika sudah melengkapi dokumen langsung diinformasikan ke kita jadi ketika melahirkan sudah ada dokumennya," jelasnya.

Sementara itu Darwin menyatakan, ke depan pihaknya juga akan menggandeng Dinas Pendidikan, untuk meningkatkan kepemilikan KIA, khususnya kepada para siswa sekolah.

"Ini juga untuk peningkatan KIA secara nasional target 20 persen, tapi kita sudah 60 persen untuk Provinsi Bangka Belitung juga peringkat lima besar karena kita sudah launching duluan," katanya.

"Tahun ini juga kita akan terjun langsung ke SD dan TK supaya kepemilikan KIA meningkat dan yang belum memiliki, langsung mengajukan untuk persyaratan hanya butuh akte kelahiran dan KK orang tua," tambahnya. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved