Breaking News:

Advertorial

Keberhasilan Program Penggemukan Sapi Berkat Bantuan KUR BNI, Indra: Gubernur Menjamin Kami

Ternyata, produksi ini bisa berhasil berkat program penggemukan yang didapat dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank BNI itu

Diskominfo Babel
Gubernur Erzaldi saat memanen sapi hasil penggemukan program KUR, sekaligus penyerahan bantuan bibit sapi di Dusun Air Jangkang, Selasa (16/2). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Puluhan sapi berjejer rapi. Perawakan padat berisi. Semua tampak sehat dan segar. Sulit untuk tidak berdecak kagum melihat sapi-sapi hasil dari penggemukan yang dilakukan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Dusun Air Jangkang, Desa Pasir Garam, Kecamatan Simpang Katis, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Untuk menjadikan sapi-sapi gemuk dan sehat bukanlah perkara gampang. Gapoktan harus merasa tenang agar proses penggemukan bisa berjalan baik. Ketenangan ini didapatkan Gapoktan karena mendapat dukungan dari pemerintah.

Bagaimana di Air Jangkang Bisa Berhasil?

Ternyata, produksi ini bisa berhasil berkat program penggemukan yang didapat dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank BNI itu, para anggota Gapoktan dijamin oleh Gubernur Babel, Erzaldi Rosman. Jadi, menurut mereka, ketenangan mereka menjalankan usaha karena hati mereka tenang, KUR yang mereka dapat tak perlu lagi mengandalkan agunan.

"Pak Gubernur menjamin kami. Jadi kami dak pakai agunan. Salut kami, cemane Pak Gub sendiri yang mengagunkan usaha ni pake KUR. (Pak Gubernur sendiri yang menjamin pinjaman kami. Jadi kami tidak pakai angunan. Kami salut, bagaimana bisa Pak Gub sendiri yang menjadi jaminan usaha ini pakai KUR),” kata salah satu anggota Gapoktan setempat bernama Indra, saat Gubernur Erzaldi memanen sapi hasil penggemukan program KUR, sekaligus penyerahan bantuan bibit sapi di Dusun Air Jangkang, Selasa (16/2/21). 

Pernyataan yang dikatakan Indra, juga disetujui oleh Kepala Dusun (Kadus) Air Jangkang, Elfaisnan. Koordinasi yang baik antara Pemprov. Babel dengan Pemkab. Bangka Tengah cukup baik. Sehingga kebutuhan anggota Gapoktan langsung disikapi. "Gubernur langsung turun tangan," sebut Kadus yang memimpin 300an KK di sana.

Kemampuan para anggota Gapoktan tidak terlepas dari tangan dingin Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). Berbincang di lokasi, PPL Air Jangkang Drh. Mardi dan PPL Supriyadi mengatakan, mereka memang telah diminta gubernur untuk fokus membantu petani/peternak.

"Di sini kami jadi percontohan. Daerah lain belum berani, kami lakukan. Hasilnya hari ini membanggakan, gubernur langsung datang panen," lanjut Pak Kadus, Elfaisnan.

Gubernur Fokuskan Peternakan dan Pertanian

Gubernur Babel Erzaldi Rosman memang sudah dinantikan warga. Ia langsung datang ke lokasi setelah turun dari pesawat.
"Assalamualaikum. Apa kabar, gemuk-gemuk sapi ne. Ngurus sapi ne nek besak-besak badan e (apa kabar, gemuk-gemuk sapinya. Mengurus sapi ini badan kita harus besar-besar)," ujar gubernur bertukar canda dengan masyarakat yang setia menanti.

Halaman
12
Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved