Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Masyarakat Mengadu ke DPRD Bangka Belitung, Dugaan Mutasi Pekerja Tak Sesuai Aturan di PT THEP

Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung (Babel), Herman Suhadi, Rabu (17/2/2021) menerima aspirasi masyarakat, terkait adanya dugaan mutasi pekerja di PT

bangkapos.com
Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung, Herman Suhadi usai mendengar aspirasi yang diwakili oleh Sekretaris Posko Khusus LSM KPK Tipikor Tempilang, Allani SE. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung (Babel), Herman Suhadi, Rabu (17/2/2021) menerima aspirasi masyarakat, terkait adanya dugaan mutasi pekerja di PT Tata Hamparan Eka Persada (THEP) Bangka Barat (Babar), Penyampak, Tempilang yang diduga tak sesuai aturan.

"Kami setelah menerima aspirasi ini tentunya sebagai lembaga yang ditunjuk atau lembaga yang diamanatkan untuk menerima aspirasi rakyat, kamu sudah menerima pada hari ini. Ada beberapa keinginan semisal keinginan mereka agar PT THEP tidak melanggar perjanjian dan memanggil manajemen, kami siap memanggil manajemen, kita berdiskusi,"kata Herman Suhadi usai audiensi menerima aspirasi masyarakat di ruang rapat Banmus DPRD Babel, siang tadi.

Diskusi itu rencananya, nanti akan dihadiri Dinas Ketenanga-kerjaan Provinsi Bangka Belitung, Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bangka Barat, Dinas Perkebunan Bangka Barat.

"Kita pecahkan bersama, Insa Allah akan kami laksanakan di hari Senin, (22/2/2021), di ruang ini juga. Kami  tindak-lanjuti, karena kita khawatir kalau ada hal-hal yang nanti. Kita khawatirnya Bangka ini sudah sangat kondusif, Alhamdulillah. Hanya corona dan jangan sampai ada masalah lain," jelas Herman.

Sehingga, ia menyarankan agar masyarakat menyampaikan aspirasi sesuai dengan tuntutan dan tidak melebar kemana-mana.

"Kita pada hari ini sangat membutuhkan investor untuk masuk ke daerah kita untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. Insa Allah pada hari Senin ini kami memanggil managemen bersama stakeholder untuk membahas masalah ini. Benar apa yang belia sampaikan, kalau secara peraturan tidak bisa diresersikan, kita minta kebijakan, selama kebijakan tidak melanggar aturan," saran Herman.

Menyikapi masalah ini, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Bangka Belitung, Harrie Patriadi, Rabu (17/2/2021) mengataka,  memang perlu ada kebijakan dari perusahan.

"Berdasarkan kita dapat pengaduan, sudah kita pelajari, memang secara ranah menjadi ranah Disnaker Bangka Barat namun kita Disnaker provinsi ikut serta mendampingi, dari ketua DPRD maupu dari pengaduan ini. Kita melihat memang ada pelanggaran dari peraturan yang ditetapkan oleh perusahan dan ini perlu diluruskan. Sudah disampaikan pak ketua, perlu kebijakan dari perusahan karena ini memang pusat internal perusahaan," jelas Harrie.

Sementara itu, Sekretaris Posko Khusus LSM KPK Tipikor Tempilang, Allani  mengaku sudah banyak pekerja PT THEP dipecat secara sepihak karena alasan mengundurkan diri.

Ia menambahkan manajemen PT THEP ini dikelola oleh Korea Selatan, dan saat ini pekerja yang terdampak ada 20 orang.

"Menyampaikan aspirasi, terjadi di PT THEP ini mutasi (karyawan -red) yang tidak sesuai aturan, maka kami ke sini mengaju pada DPRD ini," katanya.

"Tuntutan kami hanya tiga macam, satu, jangan melanggar aturan yang telah disepakati. Kedua, mohon dipanggil pihak managemen PT THEP ke DPRD Provinsi untuk melakukan audiensi dengan pihak terkait. Ketiga, seandainya pimpinan Top Managemen tidak bisa bersosialisasi dengan masyarakat Babel, silahkan deportasi saja kalau bisa ataupun baik diganti saja yang pemimpin dua orang itu," tambah Allani usai melakukan audiensi dengan Pihak DPRD Babel.

Ia juga menyoroti adanya pelanggaran secara lisan dan tulisan yang dilakukan PT THEP dengan masyarakat, yang berisi bahwa PT THEP itu memprioritaskan tenaga pekerja lokal.

"Kedua, pemutasian ini melanggar Pasal 17 Ayat 4, di dalam perjanjian kerjasama dengan pihak PT THEP, jelas salah mereka," kata Allani.

Ia berharap permasalahan ini segera selesai secepatnya, bilapun tak membuahkan hasil, pihaknya akan melakukan demontrasi dengan aturan yang ada. Sementara itu hingga berita ini diturunkan masih diupayakan konfirmasi ke Pihak PT THEP. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved