Breaking News:

Politisi PKS Babel Sebut Tak Semua Urusan Tambang Diambil Pusat, Tetap Ada Rekomendasi Daerah

ksan Visyawan, mengatakan sebagai pelayan publik harus dapat memberikan sosialisasi serta informasi yang ingin diketahui wartawan dan masyarakat.

(Muhammad Rizki/R1)
Aksan Visyawan 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Anggota Komisi III DPRD Provinsi Bangka Belitung, Aksan Visyawan, memberikan pendapat terkait keterbukaan informasi soal pertambangan di Bangka Belitung.

Sebelumnya Plt Kepala Dinas ESDM Bangka Belitung Amir Syahbana enggan berkomentar terkait persoalan tambang di Bangka Belitung karena bukan kewenangan provinsi lagi.

Ia beralasan, sejak 10 Desember 2020 urusan pertambangan Mineral dan Batubara telah menjadi kewenangan Kementrian Energi Sumber Daya Mineral Republik.

Aksan Visyawan, mengatakan seharusnya, sebagai pelayan publik harus dapat memberikan sosialisasi serta pemahanan terkait informasi yang ingin diketahui oleh wartawan dan masyarakat.

"Ya tetap harus disosialisasikan jangan sampai no comment begitu, kita sebagai pelayan publik harus terbuka dengan wartawan dan masyarakat," jelas Aksan kepada Bangkapos.com, Rabu (17/2/2021).

Dia menambahkan, kewenangan Undang-Undang Nomor 3 tahun 2020 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara, yang telah menjadi kewenangan pusat.

Namun menurutnya, tidak semua diambil alih pusat, karena tentunya ada rekomendasi terhadap pemerintah daerah mengenai persoalan tambang.

"Mestinya disosialisasikan undang-undang terbaru ini tentang minerba. Memang ada sebagin tipe naik ke pusat, tetap rekomendasi dari provinsi dalam hal ini Dinas ESDM, karena yang tahu wilayah di daerah, masih diperlukan walau sudah diangkat ke pusat," katanya.

Politikus PKS ini, mengatakan hubungan komisi III DPRD Babel dengan mitranya Dinas ESDM sejauh ini berjalan baik saja.

"Tidak ada masalah, mungkin ada sebagian kagok aja kali, tetapi baik-baik saja, karena Dinas ESDM ini belum ada kepala dinas, masih Plt," katanya.

Halaman
12
Penulis: Riki Pratama
Editor: El Tjandring
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved