Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Pangkalpinang dan LPPOM MUI Jalin Kerja Sama

Bank Sumsel Babel Cabang Syariah Pangkalpinang menjalin kerja sama dengan LPOM MUI Babel.

Istimewa/Bank Sumsel Babel Cabang Syariah
Bank Sumsel Babel Cabang Syariah Pangkalpinang menjalin kerja sama dengan LPPOM MUI Bangka Belitung, Rabu (18/2/2021). 

Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Pangkalpinang dan LPPOM MUI Jalin Kerja Sama
* Solusi Pelaku UMKM Kantongi Sertifikasi Halal

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Pangkalpinang menjalin kerja sama dengan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Bangka Belitung, Rabu (18/2).

Melalui program pembiayaan bersubsidi, Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Pangkalpinang bersinergi dengan LPPOM MUI berupaya memberikan manfaat bagi UMKM.

Pemimpin Bank Sumsel Babel Syariah Cabbage Pangkalpinang Eldi Handoko mengatakan, tahun 2021 menjadi tantangan untuk menjadi bank daerah yang semakin bermanfaat bagi masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta semakin bersinergi dengan lembaga dan pemerintah.

Tidak banyak UMKM yang masih tergolong skala kecil mampu menanggung biaya pembuatan Sertifikasi Halal, oleh karena itu Bank Sumsel Babel Syariah sebagai mitra amanah membangun daerah memberi solusi menutupi kekurangan tersebut.

"Tidak hanya itu melalui pembiayaan syariah bersubsidi kami akan membantu penambahan modal dan pembinaan kepada UMKM tersebut agar dapat bermetamorfosis menjadi UMKM yang tangguh dan mampu bersaing dengan produk luar. Selanjutnya kami turut berperan aktif mensosialisasikan Sertifikasi Halal bersama LPPOM MUI sehingga pelaku UMKM merasa nyaman berusaha secara syar'i terlebih margin yang kami tawarkan sangat rendah yakni setara 3,5 persen per tahun," ungkap Eldi Handoko dari rilis yang diterima Bangka Pos Group, Kamis (18/2).

Melalui penandatanganan kerja sama tersebut diharapkan target yang telah direncanakan dapat terlampaui dan berdampak positif bagi kemajuan ekonomi masyarakat Babel pada masa pandemi Covid-19 saat ini dan seterusnya.

Tujuan destinasi wisata halal menjadi cita-cita umat muslim di Bangka Belitung. Tentunya hal tersebut akan tercapai apabila produk UMKM di Babel didominasi oleh produk yang telah berlabel halal.
Selama ini LPPOM MUI telah bekerja keras untuk menggapai cita-cita tersebut dengan cara sosialisasi, promosi bahkan subsidi.

Direktur LPPOM MUI Bangka Belitung, Nardi Pratomo mengatakan, hingga tahun 2020 telah mengeluarkan 2.048 sertifikat halal untuk UKM, restoran dan dapur hotel di Bangka Belitung. Nardi menargetkan LPPOM MUI dapat menerbitkan sekitar 500-600 lembar Sertifikasi Halal dalam tahun 2021.

"Namun untuk mencapai target tersebut LPPOM MUI harus punya terobosan baru dan Alhamdulillah mitra kita Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Pangkalpinang memberikan dukungan bersinergi dengan kami demi kepentingan UMKM dan Umat. Kami juga berharap UMKM dapat memanfaatkan program yang sangat bagus ini, mengingat UMKM harus naik kelas kemudian go nasional lalu internasional," ungkapnya. (Bangkapos.com/Widodo)

Penulis: Widodo
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved