Breaking News:

Berita Bangka Tengah

BKPSDM Bangka Tengah Usul 2.051 Formasi CPNS 2021, Tenaga Pendidik dan Kesehatan Paling Banyak 

BKPSDMD Kabupaten Bangka Tengah sudah mengusulkan sebanyak 2.051 formasi ke Pendayagunaan Aparatur Negara

Darwinsyah/BangkaPos
Ilustrasi penerimaan CPNS 2021 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Terkait informasi rencana penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kabupaten Bangka Tengah sudah mengusulkan sebanyak 2.051 formasi ke Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Republik Indonesia.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kabid Mutasi BKPSDM Kabupaten Bangka Tengah Dhani Effendi. 

Ia mengatakan usulan tersebut telah diajukan pihaknya sejak bulan Desember lalu kepada PAN RB berdasarkan kebutuhan disetiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayah Pemerintahan Kabupaten Bangka Tengah.

Baca juga: Pencairan TPP Molor, ASN Bingung Bayar Cicilan: Istri Ngeluh ke Kami

"Pengusulan ini kita lakukan selama 5 tahun kebutuhan. Jadi untuk CPNS sendiri tahun ini kita usulkan sebanyak 2.051, sedangkan untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (P3K) juga kita usulkan sebanyak 285, jadi total keseluruhan yang kita usulkan ke PAN RB ini sebanyak 2.336," kata Dhani kepada Bangkapos.com, Kamis (18/2/2021).

Dia menyebutkan usulan yang dilakukan pihaknya untuk penerimaan CPNS tahun 2021 sesuai dengan kebutuhan yang ada di organisasi perangkat daerah (OPD) di Bangka Tengah

"Karena ini sifatnya mengusulkan jadi kita usulkan sebanyaknya, dan usulan ini juga sesuai kebutuhan dan formasi jabatan yang ada di Bangka Tengah. Sedangkan nantinya yang memverifikasi berapa formasi yang diberikan di Bangka Tengah ditentukan oleh PAN RB ini," ucapnya.

Kata Dhani, dari total 33 organisasi perangkat daerah (OPD) di Bangka Tengah, tenaga kesehatan, tenaga pendidikan, dan pertanian menjadi formasi yang paling banyak dibutuhkan.

"Sebenarnya yang paling dominasi ini tenaga guru, dan tenaga kesehatan. Tetapi melihat kondisi real kita hari ini, masih banyak kekurang staf di OPD terkait. Maka persentase yang kita ajukan ini berimbang sesuai kebutuhan di OPD karena banyaknya PNS yang sudah Pensiun," sebutnya.

Dia menambahkan selama proses pengajuan pihaknya juga bekerja sama dengan Kasubag Kepegawaian dimasing-masing OPD terkait kebutuhan kepegawaian.

"Jadi kami sudah lakukam pendataan sejak 2019 lalu dan minta data ke setiap OPD ini kebutuhannya apa, sehingga sinkorinsasi kami di BKPSDM dengan Kasubag di OPD ini terjalin sebagaimana beban kerja yang dibutuhkan," kata Dhani.

Meskipun usulan yang ajukan nantinya tidak terpenuhi secara keseluruhan, namun dia berharap jatah CPNS di Bangka Tengah setiap tahun selalu ada.

"Mudah-mudahan yang kita usulakan di sistem PAN RB bisa diakomodir, minimal dapat jatah CPN setiap tahunnya sehingga bisa memenuhi kebutuhan yang ada di OPD-OPD terkait,"tuturnya.

Bangkapos.com/Sela Agustika

Penulis: Sela Agustika
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved