Breaking News:

Berita Bangka Barat

BLT Dana Desa Tahun 2021 Dibayar Per Bulan, Masyarakat Diminta Bersabar

Penyaluran dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Kabupaten Bangka Barat (Babar) dinyatakan telah berjalan dengan baik.

Penulis: Ramandha | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Ramandha
Kabid PMD, Dinas Sosial dan Pemerintaha Desa (Dinsospemdes) Bangka Barat, Winda 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Penyaluran dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Kabupaten Bangka Barat (Babar) dinyatakan telah berjalan dengan baik.

Hal ini disampaikan Kabid PMD, Dinas Sosial dan Pemerintahan Desa (Dinsospemdes) Bangka Barat, Winda.

Ia mengatakan, di tahun 2021 ini sendiri, BLT sendiri akan berfokus pada sumber dana desa yang akan segera disalurkan kepada masyarakat, per bulan dalam 1 tahun (12 bulan).

"Besarannya Rp 300.000  per bulannya kepada KPM (keluarga penerima manfaat). Bedanya untuk tahun (2020) kemarin, kita bertahap. Tapi, untuk sekaran nanti perbulan," jelasnya kepada Bangkapos.com, Kamis (18/2/2021).

Sebanyak 60 desa di daerah, terdata akan kembali menyalurkan BLT DD kepada masyarakat yang sudah ditetapkan melalui musyawarah desa (Musdes) setempat.

"Kalau kelurahan itu, sudah diakomodir BST (Bantuan Sosial Tunai), itu dari Kemensos RI. Kalau itu dari data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial)," ungkapnya.

Kriteria penerima BLT DD ini sendiri, sudah berdasarkan musdes di desa masyarakat terkait. Namun, penilaian kriteria yang diutamakan, masyarakat bersangkutan benar-benar terdampak penyebaran Covid-19.

Selain itu, KPM penerima BLT tidak diperbolehkan menerima bantuan sejenis lainnya, seperti BST dan lain-lain.

"Kehilangan mata pencaharian, pendapatan menurut dan itu semua juga berdasarkan pertimbangan aparat desa setempat beserta BPD," katanya.

Winda meminta masyarakat di daerah dapat lebih mencermati manfaat serta persyaratan KPM dari BLT DD ini. Hal tersebut agar tidak terjadinya kericuhan di tengah masyarakat apabila ada yang tidak menerima BLT DD.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved