Breaking News:

Daftar Mobil Baru yang Dapat Bebas Pajak PPnBM Beserta Estimasi Harganya, Hanya Ini yang Tidak

Pemerintah menjelaskan, mobil baru yang mendapatkan insentif PPnBM punya kriteria tertentu|Ini daftar mobil baru yang dapat dan tidak:

Editor: Dedy Qurniawan
Kompas.com
Daftar Mobil Baru yang Dapat Bebas Pajak PPnBM Beserta Estimasi Harganya, Hanya Ini yang Tidak - Toyota Avanza 

BANGKAPOS.COM – Tak semua mobil baru bisa mendapatkan insentif bebas pajak penjualan barang mewah ( PPnBM) yang bakal berlaku Maret 2021 nanti.

Pemerintah menjelaskan, mobil baru yang mendapatkan insentif PPnBM punya kriteria tertentu.

Di antaranya adalah mobil penumpang 4x2, termasuk sedan dengan kubikasi mesin kurang dari 1.500 cc, dengan kandungan lokal 70 persen.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, pada Kamis (11/2/2021) lalu.

Airlangga mengatakan, relaksasi akan diberikan kepada mobil penumpang 4x2, termasuk sedan dengan kubikasi mesin kurang dari 1.500 cc, dengan kandungan lokal 70 persen

“Harapannya dengan insentif yang diberikan bagi kendaraan bermotor ini, konsumsi masyarakat berpenghasilan menengah atas akan meningkat,” ujar Airlangga, dalam keterangan resmi (11/2/2021).

Di segmen Low MPV, hampir semua kontestan akan mendapat relaksasi yang dimaksud.

Misalnya Toyota Avanza yang saat ini dihargai mulai Rp 200,2 juta (tipe 1.3 E STD M/T) sampai Rp 231,250 juta (tipe 1.3 G A/T).

Dengan PPnBM Avanza sebesar 10 persen dan harga tipe terendah sebesar Rp 200,2 juta, artinya mobil tersebut dikenakan PPnBM Rp 20,020 juta.

Sebetulnya ini hitungan kasar agar terlihat lebih mudah dianalogikan oleh konsumen.

Pasalnya, PPnBM dikenakan pada harga mobil baru dengan status off-the road. Sedangkan, harga yang ditawarkan kepada konsumen sudah terbebani lagi dengan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang dikenakan pemerintah daerah yang nilainya berbeda-beda tiap provinsi di Indonesia.

Lewat estimasi hitungan tersebut, kita bisa mengurangi harga jual dengan PPnBM, yakni Rp 200,2 juta dikurangi Rp 20,020 juta, hasilnya didapat Rp 180,180 juta.

Angka ini masih bisa lebih murah, sebab info dari salah satu pramuniaga Toyota di Jakarta. Pada Februari ini pembelian Avanza bisa mendapat diskon sekitar Rp 15 juta.

Artinya harga Avanza tipe termurah setelah insentif PPnBm sekitar Rp 180,180 juta, dikurangi diskon dari diler Rp 15 juta, maka harga jual saat ini mulai Rp 165,180 juta.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved