Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Gakkum KLHK Kolaborasi Bersama Bareskrim Polri Raih Penghargaan UNEP 2020

Pemberian penghargaan ini disampaikan secara daring, Rabu 17 Februari 2021 dari Kantor PBB di Bangkok. 

(Foto Ist).
Direktur Jenderal Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gakkum) KLHK Dr Rasio Ridho Sani bersama dengan Kombes Pol Adi Karya Tobing dan AKBP Sugeng Irianto dari Bareskrim Polri menerima penghargaan Asia Environmental Enforcement Awards (AEEA) tahun 2020 dari the United Nations Environment Programme (UNEP) secara daring 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Direktur Jenderal Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gakkum) KLHK Dr Rasio Ridho Sani bersama dengan Kombes Pol Adi Karya Tobing dan AKBP Sugeng Irianto dari Bareskrim Polri menerima penghargaan Asia Environmental Enforcement Awards (AEEA) tahun 2020 dari the United Nations Environment Programme (UNEP). 

Pemberian penghargaan ini disampaikan secara daring, Rabu 17 Februari 2021 dari Kantor PBB di Bangkok. 

Penghargaan AEEA 2020 diberikan oleh UNEP bekerja sama dengan UNDP, CITES, WCO dan Interpol kepada Dr. Rasio Ridho Sani dan Kombes Pol Adi Karya Tobing dan AKPB Sugeng Irianto atas kolaborasi lintas negara yang dilakukan oleh Gakkum KLHK dan Bareskrim Polri dalam melawan kejahatan lingkungan lintas batas. 

Baca juga: Dinkes Pangkalpinang Swab Antigen ke Tempat Hiburan Malam, Dua Karyawan Diskotik Positif

Baca juga: Pencairan TPP Molor, ASN Bingung Bayar Cicilan: Istri Ngeluh ke Kami

 
Rasio Ridho Sani, pada acara penerimaan penghargaan UNEP ini menyampaikan apresiasinya atas kepemimpinan dan dukungan Menteri LHK, Dr. Siti Nurbaya  dalam mendorong inovasi-inovasi penegakan hukum lingkungan dan kehutanan. 

Pada sambutannya Rasio Sani juga mengapresiasi pihak-pihak yang telah mendukung penguatan kolaborasi dalam penegakan hukum lingkungan, termasuk melalui kerjasama Mutual Legal Assistance (MLA) antara Pemerintah Indonesia dan Belanda dalan penanganan kejahatan lingkungan lintasbatas.  

Keberhasilan pelaksanaan MLA ini atas kerjabersama antara berbagai kementerian/lembaga yaitu, KLHK, Kepolisian, Kejaksaan Agung, Kementerian Luar Negeri, KemenkumHAM, Kedutaan Indonesia di Belanda, dan Kedutaan Belanda di Indonesia, serta Pemerintah Belanda. Melalui MLA penangan kasus-kasus lingkungan lintasbatas menjadi semakin mudah.

Mengingatkan pentingnya kolaborasi dalam penanganan kejahatan lingkungan.

“Penghargaan ini telah menunjukkan bahwa kolaborasi adalah suatu keharusan dan merupakan kunci keberhasilan penegakan hukum lingkungan hidup. Saat ini Kolaborasi antarnegara dan global dalam melawan kejahatan lintasbatas sangat krusial. Kita tidak dapat melawan kejahatan lingkungan hidup transnasional sendirian," ujar Rasio Sani dalam rilis kepada bangkapos.com, Kamis (18/2/2021).

Penghargaan Asia Environmental Law Enforcement 2020 diberikan kepada Gakkum KLHK melalui Dr Rasio Ridho Sani menunjukkan konsistensi dan Komitmen pemerintah dalam penegakan hukum lingkungan. 

Pada tahun 2019, Gakkum KLHK memperoleh penghargaan yang sama untuk kategori inovasi, integritas dan kepemimpinan gender. 

Halaman
12
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved