Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

UPDATE, 6 Kasus Positif Covid-19 Hari Ini di Bangka Barat, Masyarakat Diimbau Taati Prokes

Putra Kusuma, Kamis (18/2/2021), kembali menyampaikan adanya tambahan sejumlah 6 kasus terpapar Covid-19.

Darwinsyah/BangkaPos
Ilustrasi pasien covid 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat (Babar), Putra Kusuma, Kamis (18/2/2021), kembali menyampaikan adanya tambahan sejumlah 6 kasus terpapar Covid-19.

Ke enam pasien terkonfirmasi positif Covid-19 hari ini, dikatakannya, berinisial Dp (38) berjenis kelamin perempuan, Wk (36) laki-laki, Pi (31) laki-laki, Ro (27) perempuan, Yk (37) perempuan dan Mp (35) laki-laki.

"Terlaporkan dari Wilker (Wilayah Kerja--red) Muntok 5 orang dan Wilker Kecamatan Paritiga," jelasnya kepada Bangkapos.com, Kamis (18/2/2021).

Ia melanjutkan, untuk 1 orang Wilker Paritiga sudah dinyatakan selesai masa isolasi dan dinyatakan sembuh.

Hal ini dikarenakan waktu tunggu hasil swab sudah melebihi masa isolasi.

Putra juga menyampaikan satu hal yang dirasa sering terabaikan di tengah masyarakat, yakni keadaan ventilasi yang tidak standar atau sirkulasi udara di ruangan yang dinilai kurang baik, sehingga dikhawatirkan dapat mempermudah penulawan wabah.

Dia juga mengungkapkan, aktivitas rapat perkantoran, berkumpul dalam satu ruangan tertutup serta di waktu yang lama, tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak menjadi faktor resiko penularan Covid-19 melalui aerosol.

"Aerosol yang membawa virus Covid-19 ini dapat terbawa sampai dengan 8 meter. Ukuran aerosol kurang dari 3 mikron," katanya.

Sementara itu, untuk mengurangi resiko penularan yang terjadi di dalam ruangan, terdapat beberapa hal yang bisa menjadi perhatian, yaitu tetap menjaga jarak, menggunakan masker, batasi jumlah peserta dalam ruangan.

"Batasan orang bisa 50 persen dari kapasitas ruangan. Untuk total kasus di Bangka Barat sekarang 314 orang, sembuh 290 orang dan masih diisolasi 20 orang. Meninggal 4 orang," ucap Putra.

Lebih lanjut, Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka Barat ini juga mengungkapkan, upaya penegakkan disiplin penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 di masyarakat harus terus dilakukan.

"Laksanakan 3M dengan baik dan benar. Dan jangan lupa berolahraga, penegakkan disiplin penerapan Prokes Covid-19 di daerah juga telah dilaksanakan di sejumlah tempat keramaian masyarakat," imbau Putra.

(Bangkapos.com/Ramandha)

Penulis: Ramandha
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved