Breaking News:

Berita Bangka Tengah

BLT Dana Desa 2021 akan Segera Disalurkan, Bangka Tengah Gunakan Sistem Transfer Bank

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Kabupaten Bangka Tengah tersalur dengan baik.

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Kabupaten Bangka Tengah tersalur dengan baik.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Sosial dan Pemerintah Desa Kabupaten Bangka Tengah Risaldi Adhari.

Dia mengatakan, penyaluran BLT Dana Desa di Kabupan Bangka Tengah menjadi satu-satunya Kabupaten di Bangka Belitung yang mengunakan penyaluran via transfer bank.

"Khusus di Bangka Belitung kita satu-satunya yang menyalurkan BLT DD ini via transfer dan semua berjalan lancar. Kalau kami yang nyerah langsung resikonya besar, jadi kami memilih menggunakan via transfer di mana nantinya apabila uang sudah kita transfer, maka kita hubungin pihak terkait dan bisa langsung di cairkan di Bank BRI atau agen Brilink terdekat," jelas Risaldi kepada Bangkapos.com, Senin (22/2/2021).

Namun ia menyebutkan jumlah penerima BLT DD pada tahun 2021 terjadi pengurangan dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal ini disebabkan karena adanya verifikasi ulang data penerima BLT DD di masing-masing desa.

Lanjutnya, penentuan penerima BLT DD sesuai dengan musyawarah yang dilakukan masyarakat di masing-masing desa dengan kriteria penerima, yakni masyarakat yang bersangkutan benar-benar layak dan terdampak pandemi Covid-19.

"Total penerima BLT DD masing-masing desa ini berbeda sesuai hasil rapat musyawarah di desa. Dimana untuk tahun ini setelah diverifikasi ulang hampir setengah dari penerima sebelumnya dipangkas," kata Risaldi.

Menurutnya, penetapan BLT DD ini bukan di tentukan oleh Kepala Desa atau Badan Permusyawaratan Desa (BPD), namun berdasarkan hasil musyawarah antar masyarakat.

"Jadi kades dan BPD ini hanya mencatat, yang memutuskan adalah masyarakat yang diwakili oleh ketua adat, ketua masjid, toko agama dan masyatakat lainnya," kata Risaldi.

Dia menyebutkan, BLT ini berfokus pada sumber dana desa yang akan segera disalurkan kepada masyarakat, setiap bulannya.

"Besarannya Rp 300.000 per bulannya untuk setiap KPM (keluarga penerima manfaat) yang nantinya akan disalurkan perbulannya. Saat ini kita masih dalam proses pengajuan dan insya Allah dalam waktu dekat akan cair," jelasnya.

Untuk itu, pihaknya juga melakukan berbagai upaya percepatan pencairan dana di desa yakni dengan melakukan kunjungan di setiap kecamatan dengan mengundang kepala desa untuk membenahi apa yang menjadi kendala.

(Bangkapos.com/Sela Agustika)

Penulis: Sela Agustika
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved