Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Akses Kunjungan ke Lapas Ditutup, Komunikasi Warga Binaan dengan Keluarga Lewat Video Call

Selama Pandemi Covid -19, akses kunjungan ke seluruh UPT Lembaga Permasyarakatan (Lapas) se Kota Pangkalpinang, ditutup.

bangkapos.com
Kepala Lembaga Permasyarakatan (Lapas) kelas IIA Pangkalpinang Badarudin. (Bangkapos/Anthoni Ramli) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Selama Pandemi Covid -19, akses kunjungan ke seluruh UPT Lembaga Permasyarakatan (Lapas) se Kota Pangkalpinang, ditutup.

Tak seperti umumnya, di mana hampir setiap hari akses kunjungan bagi keluarga narapidana ke Lapas terbuka.

Namun,  pasca pandemi akses tersebut ditutup, sebagai upaya meminimalisir penyebaran Covid-19.

Kondisi tersebut membuat jajaran di UPT pemasyarakatan membuat sejumlah kebijakan supaya hak hak warga binaan terpenuhi.

Satu di antaranya, memberikan kesempatan mereka bertatap muka dengan keluarga melalui sarana video call

Selain itu, UPT pemasyarakatan juga berencana mempercepat akses kunjungan keluarga warga binaan, jika nantinya pandemi Covid 19 berakhir.

"Selagi masa pandemi kita gak ada kunjungan, Covid sudah berakhir nantinya maka akses pelayanan dipercepat untuk bertemu keluarga. Jadi tidak ada yang stop sana stop sini lagi. Sementara akses mereka dan keluarga menggunakan video call secara bergantian, " ujar Kepala Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pangkalpinang, Badarudin, Selasa (23/2/2021) usai Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2021 Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju WBK/WBBM, yang berlangsung di Aula Rupbasan kelas II A Pangkalpinang.

Begitu juga akses makanan narapidana, di mana pasca Pandemi Covid -19, termasuk akses barang dan makanan titipan warga binaan hanya bisa dititipkan ke petugas jaga.

"Kalau penitipan makanan masih rutin, cuma nanti di data dan diantarkan langsung petugas kita ke warga binaan langsung,  jadi pelayanan tetap berjalan dan tetap memperhatikan protokol kesehatan," katanya.(Bangkapos.com/Antoni Ramli)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved