Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Badarudin : Jangan Ada Kekerasan di Lapas, Utamakan Tindakan Humanis

Unit pelaksanaan teknis (UPT) pemasyarakatan se Kota Pangkalpinang, berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada masyarakat

Penulis: Antoni Ramli | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Deklarasi janji kinerja Tahun 2021 pencanangan pembangunan zona integritas (ZI) menuju WBK/WBBM, yang berlangsung di Aula Rupbasan Kelas II A Pangkalpinang, Selasa (23/2/2021). (Bangkapos.com/Anthoni Ramli) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -  Unit pelaksanaan teknis (UPT) pemasyarakatan se Kota Pangkalpinang, berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Komitmen tersebut tertuang pada deklarasi janji kinerja Tahun 2021 pencanangan pembangunan zona integritas (ZI) menuju WBK/WBBM, yang berlangsung di Aula Rupbasan Kelas II A Pangkalpinang,  Selasa (23/2/2021).

Kepala Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pangkalpinang, Badarudin, Selasa (23/2/2021) menyebut ada beberapa poin penting yang menjadi komitmen pihaknya menuju WBK/WBBM.

Satu di antaranya adalah untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. 

"Poin penting, inti pokoknya adanya peningkatan pelayanan terhadap masyarakat. Ada perubahan kultur dari petugas petugasnya, dan kita melayani warga binaan itu lebih baik lagi. Itu yang ingin kita capai," ujar Badarudin, Selasa (23/2/2021).

Kendati belum mampu meraih predikat WBK, namun paling tidak kata Badarudin, pihaknya telah merubah mainset, petugas lapas supaya memberlakukan wagra binaan dengan baik.

"Kalau pun belum berhasl, minimal kita sudah melakukan perubahan menset terhadap petugas petugas kita untuk melayani dan memperlakukan warga binaan dengan baik," katanya.

Tak hanya berupaya menuju WBK,  namun kata Badarudin, seluruh kepala UPT Pemasyarakatan se Kota Pangkalpinang, juga berkomitmen merubah citra negatif yang selama ini terjadi di Lapas.

" Intinya kami mencoba berusaha maksimal,  pertama memberikan pengarahan kepada anggota dan jajaran supaya paham predikat WBK itu seperti apa,  zona itegritas itu seperti apa. Terutama jangan sampai terjadi kekerasan,  maen pukul pukul nanti kasus jadinya seperti yang sudah sudah. itu salah satu contoh yang tidak baik, hindari persoalan itu," tambahnya.

Untuk itu, kedepan pihaknya lebih mengedepankan, tindakan humanis. Baik terhadap warga binaan, keluarga dan masyarakat.

" Jadi Kita utamakan tindakan humanis, dengan warga binaan, masyarakat dan keluarga narapidana. Jadi Apapun yang mereka ingin tahu tentang keluarganya di dalam (Lapas) akan kita jelaskan, misal remisinya kapan,  jadi akses cepat tidak terhambat, dan sebenarmya sudah ada di online,  cuma sebagian ada yg belum tahu,  jadi tetap kita layani," tegasnya.

Deklarasi janji kinerja tahun 2021 pencanangan pembangunan zona integritas (ZI)  menuju WBK/WBBM dihadiri,  kepala Lapas Kelas II A narkotika Pangkalpinang, kepala Lembaga pembinaan khusus anak kelas IIA Pangkalpinang, kepala Lapas Perempuan Kelas III A Pangkalpinang, kepala Balai pemasyarakatan kelas IIA Pangkalpinang, kepala Rumah penyimpanan benda sitaan negara  kelas IIA Pangkalpinang, Dandim 0413 Bangka, Kapolres Pangkalpinang, Kasi Pidum Kejari beserta staf di Jajaran Kemenkumham. (Bangkapos.com/Antoni Ramli)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved