Breaking News:

Berita Bangka Selatan

Bantu Petani Desa Kepoh, Dinas Pertanian Bangka Belitung akan Berikan Legalitas Lahan

Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan berupaya berikan kepastian legalitas lahan pertanian yang ada di Dusun Parit Dua Desa Kepoh.

Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan
Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Juaidi 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan berupaya berikan kepastian legalitas lahan pertanian yang ada di Dusun Parit Dua Desa Kepoh.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Juaidi saat ditemui di areal persawahan di Desa Kepoh menyatakan pihaknya akan berupaya untuk membantu masyarakat petani demi meningkatkan ketahanan pangan.

"Hari ini kita meninjau lahan sawah yang ada di Dusun Parit Dua Desa Kepoh sekaligus panen padi. Setelah dicermati ternyata lahan sawah yang digarap oleh masyarakat ini masih hutan produksi, sehingga harus diberikan kepastian legalitasnya," jelas Juaidi pada Selasa, (23/2/2021).

Lebih lanjut Juaidi menyebutkan langkah pertama yang akan dilakukan oleh pihaknya adalah membuat surat keputusan gubernur terkait pemanfaatan hutan produksi untuk ketahanan pangan.

"Langkah pertamanya adalah legalitas hak pengelolaan lahan. Jika legalitas sudah diterbitkan, maka bantuan dari pemerintah seperti infrastuktur jalan, saluran irigasi dapat diupayakan," ungkapnya.

Ia menambahkan tanpa adanya legalitas, pihaknya di Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung belum dapat berbuat banyak.

"Kalau belum ada legalitas, kita tidak bisa bantu banyak, paling-paling bibit," kata Juaidi.

Untuk itu ia berharap agar lahan pertanian di Desa Kepoh ini dapat dikelola dengan baik sehingga ketahanan pangan dapat benar-benar dioptimalkan.

"Kalau hutan produski masih sangat bisa dilegalkan karena ada payung hukumnya," ungkap Juaidi.

(Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved