Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Ingat ! Limbah Masker Bekas Pakai Bisa Menularkan Virus Corona Bila Dibuang Sembarangan

Virus Corona telah hampir satu tahun ini memberikan dampak dalam berbagai sektor kehidupan di Provinsi Bangka Belitung. 

Bangkapos.com/Riki Pratama
Sekretaris, Percepatan, Penanganan Satgas Covid-19 Provinsi Bangka Belitung, Mikron Antariksa, sedang melihat foto dinding gedung Karantina BKPSDMD Provinsi Bangka Belitung, sambil melihat kondisi tenaga medis dan pasien beberapa waktu lalu. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Virus Corona telah hampir satu tahun ini memberikan dampak dalam berbagai sektor kehidupan di Provinsi Bangka Belitung

Bukan hanya dari segi kesehatan dan perekonomian terganggu, tetapi sektor lainya seperti lingkungan hidup juga mengalami imbasnya.

Pasalnya, selama pandemi, tiap harinya, membuat warga harus menggunakan masker, sehingga menghasilkan limbah bekas masker dan peralatan medis lainya.

Sekretaris, Percepatan, Penanganan Satgas Covid-19 Provinsi Bangka Belitung, Mikron Antariksa, mengatakan, limbah masker seharusnya dilakukan pemisahan dengan limbah rumah tangga lainya.

Apalagi yang menggunakan masker merupakan pasien positif Corona, sehingga harus benar-benar penanganannya.

"Tentu saja karena masker limbah medis bisa juga mengandung virus penularan harus dipisah dari limbah rumah tangga, sehingga pengelolaan dilakukan berdasarkan ketentuan limbah medis. Kepada masyarakat saran kami limbah terkait medis dipisahkan saja saat membuangnya," jelas Mikron Antariksa kepada Bangkapos.com, Selasa (23/2/2021).

Menurutnya,  terkait teknis pelaksanaan dan penanganan limbah  medis,  dilakukan oleh dinas lingkungan hidup (DLH) yang ada di setiap daerah sebagai pelaksana teknisnya.

"Teknis ke lingkungan hidup, bisa disampaikan DLH setempat untuk pengelolaan limbah untuk lebih tepatnya. Namun, kita dari Satgas hanya mengingatkan terkait limbah medis ini kita harus hati-hati, bisa saja limbah itu dibuang sembarangan bisa tertular virus corona," ingat Mikron.

Mikron, mengakui, bahwa limbah masker saat ini semakin banyak bertambah setiap harinya dikalangan masyarakat.

Untuk itu ia mengingatkan  agar dapat dibuang secara terpisah antara limbah medis dan rumah tangga biar aman untuk kesehatan.

Halaman
123
Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved