Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Ini 12 Titik Parkir di Bangka Tengah, Kenali Juru Parkir Resminya, Di Luar Tarif Itu Pungli

Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Perhubungan Bangka Tengah (Disperkimhub) telah melakukan pendataan lokasi titik parkir

Bangkapos.com/Sela Agustika
Kepala Bidang Perhubungan, Disperkimhub Bangka Tengah Fernando 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--  Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Perhubungan Bangka Tengah (Disperkimhub) telah melakukan pendataan lokasi titik parkir yang tersebar di wilayah Bangka Tengah.

Kepala Bidang Perhubungan, Disperkimhub Bangka Tengah Fernando mengatakan saat ini pihaknya mencatat sebanyak 12 titik parkir resmi di Kabupaten Bangka Tengah.

Adapun wilayah titik parkir ini meliputi pasar modern Koba, Pantai Gerbang Kemilau, Pantai Terentang, Pasar Lubukbesar, Pasar Pagi Namang, Hutan Pelawan, Pasar Pagi Simpangkatis, Pasar Sungaiselan, Pasar Pangkalabaru, Pasar Air Mesu, Pasar Benteng, dan TPI Batu Belubang.

"Selain dari 12 titik lokasi ini tidak ada lagi lokasi parkir yang terdata di kita," kata Fernando.

Dia menyebutkan, untuk jalan provinsi dan jalan nasional tidak boleh menjadi tempat parkir ataupun dikenakan biaya parkir.

"Jadi kalau ada juru parkir di jalan provinsi dan jalan nasional itu liar karena wilayah ini tidak boleh ada juru parkir, bahkan untuk parkir bebas pun sebenarnya tidak boleh," tegas Fernando.

Dia menjelaskan juru parkir resmi yang terdata di disperkimhub memiliki tanda pengenal berupa ID Card, karcis, dan atribun berupa rompi.

Sementara itu, tarif parkir yang berlaku berdasarkan ketentuan disperkimhub yakni sebesar Rp 1.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 2.000 untuk kendaraan roda.

"Kalau ada yang  lebih dari tarif ini itu dan tidak mengenakan atribut atau tanda pengenal itu namanya pungutan liar (pungli)," ungkap Fernando.

Terkait dengan parkir liar dan pungli, ia mengatakan bahwa pihanyak juga rutin melakukan pembinaan dan evaluasi kepada juru parkir yang ada.

"Pokoknya jika ada yang lebih dari ketentuan tarif yang berlaku dan ada yang membuka parkir liar maka ini akan kita tegur. Dan kita juga selalu pantau terus setiap bulannya titik-titik parkir ini," tegas Fernando.

(Bangkapos.com/Sela Agustika)

Penulis: Sela Agustika
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved