Breaking News:

Berita Sungailiat

Kehadiran Apel Pegawai Masih Rendah, Bupati Bangka Panggil Seluruh Sekretaris OPD  

Pemkab Bangka melalui BKPSDMD Kabupaten Bangka melaksanakan rapat koordinasi untuk seluruh pejabat Sekretaris (Eselon 3A) OPD (Organisasi Perangkat

bangkapos.com
Pemkab Bangka melalui BKPSDMD Kabupaten Bangka melaksanakan rapat koordinasi untuk seluruh pejabat Sekretaris (Eselon 3A) OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkab Bangka di gazebo Hutan Kota Sungailiat, Selasa (23/02.(Bangkapos.com/Edwardi) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Pemkab Bangka melalui BKPSDMD Kabupaten Bangka melaksanakan rapat koordinasi untuk seluruh pejabat Sekretaris (Eselon 3A) OPD (organisasi perangkat daerah) di Lingkungan Pemkab Bangka di Gazebo Hutan Kota Sungailiat, Selasa (23/2/2021).

Kepala BKPSDMD Kabupaten Bangka, Baharita mengatakan sekretaris ini merupakan pintu utama untuk menggerakkan OPD-OPD.

"Tujuan Rakor ini untuk memikirkan membentuk organisasi perkumpulan para sekretaris, karena kalau para kepala OPD itu sudah ada wadah untuk berkumpul dalam kegiatan coffe morning. Sedangkan untuk para sekretaris ini belum ada, kalau kepala OPD itu tugasnya hanya ngomong tapi kaki tangannya ada di sekretaris inilah yang mengetahui kegiatan apa yang dilakukan ASN di lingkungan OPD itu," kata Baharita, Selasa (23/2/2021).

Sementara Bupati Bangka Mulkan, Selasa (23/2/2021) mengatakan tujuan kegiatan rakor para sekretaris ini dalam rangka saling memberikan informasi dan koordinasi terhadap pembinaan kepegawaian yang ada di Lingkungan Pemkab Bangka menyangkut masalah loyalitas dan kedisiplinan para pegawai terhadap Pemkab Bangka.

"Silahkan nanti didiskusikan oleh BKPSDMD Kabupaten Bangka bersama para sekretaris OPD, para camat, para sekcam agar para pegawai yang ada di OPD-OPD memiliki kepatuhan, ketaatan dan kedisiplinan terhadap kegiatan-kegiatan, terutama kehadiran dalam bekerja," kata Mulkan.

Diungkapkannya pada bukan Desember 2020, Pemkab Bangka melakukan sampling di 3 OPD, yaitu BKPSDMD, DPPKAD dan Kecamatan Puding Besar ternyata persentase kehadiran pegawai masih rendah hanya 8,8 persen.

"Lalu Bulan  Januari 2021 dilakukan sampling secara acak di 6 OPD, yakni BKPSDMD, Sekretariat DPRD, Kecamatan Puding Besar, DPPKAD, Puskesmas Pemali, Kecamatan Pemali dan Dinparbud ternyata ada sedikit peningkatan menjadi 17,6 persen jumlah kehadiran," ujar Mulkan.

Berdasarkan hasil inilah kenapa Bupati Bangka memerintahkan BKPSDMD untuk melaksanakan rakor untuk para sekretaris, karena sekretaris ini merupakan leader atau motor penggerak untuk membantu para kepala OPD untuk mendisiplinkan para pegawai di lingkungan Pemkab Bangka.

"Melalui rakor ini diharapkan ada kesepakatan soal pembinaan para pegawai ke depan khususnya mengenai kehadiran saat mengikuti apel, nantinya akan dilakukan sampling kembali secara terjadwal maupun sidak ke OPD-OPD soal kehadiran apel ini, sebab tugas OPD itu bagaimana memberikan pembinaan kepada para pegawai, kalau kepala OPD nya tidak kencang, sekretaris  dan para Kabid ya tidak bisa bekerja sama maka inilah yang terjadi para pegawai tidak disiplin," tegas Mulkan.

Mulkan berharap para pegawai di Lingkungan Pemkab Bangka ini semakin hari semakin baik, semakin hari semakin insyaf.

"Kalau para pegawai ASN di Kabupaten Bangka ini adalah pemain inti, kalau Bupati dan wakil bupati hanyalah pemain carteran, pemain kontrak lima tahun tetapi bagaimana pun kita harus sama-sama merasa memiliki Pemkab Bangka ini kalau ingin maju," katanya.

Sementara itu prestasi Pemkab Bangka pada Tahun 2019 lalu mencapai 90 penghargaan dan Tahun 2020 lalu mendapatkan PPD Nomor 3 tingkat nasional di antara 514 Kabupaten/kota di Indonesia.

"Hal ini menunjukkan kualitas SDM pegawai  di Pemkab Bangka ini sudah cukup baik, kerjasamanya sudah cukup baik, makanya harus kita pertahankan terus hingga saat ini," katanya.(Bangkapos.com /Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved