Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Soal Limbah Medis Masker Pasien Isolasi Mandiri, Ombudsman Minta Ditangani Sesuai Prosedur

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Shulby Yozar Ariadhy berharap penanganan limbah medis seperti masker yang digunakan

Dok. Freepik
Ilustrasi Masker 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Shulby Yozar Ariadhy berharap penanganan limbah medis seperti masker yang digunakan orang terpapar Covid-19 harus dilakukan secara prosedur yang telah ditentukan.

"Saya kira secara medis sudah ada prosedurnya, tinggal bagaimana kedisplinan kita dalam proses pelaksanaanya," ujar Yozar, Selasa (23/2/2021).

Lebih lanjut, ia menyebutkan masker yang telah digunakan terutama bagi orang yang terpapar Covid-19 tentu harus ditangani secara khusus sebab dikhawatirkan dapat berpotensi sebagai media penular.

"Masker medis memang harus ada penangana khusus, bahkan kita tidak tahu akan ada dampak ikutan dari penggunaan jenis masker seperti ini. Jadi diharapkan prosedur standar dalam penanganan limbah ini dilaksanakan," jelas Yozar.

Sejauh ini, Ombudsman RI Babel belum mendapat aduan dari masyarakat tentang permasalahan dalam pengelolaan limbah medis berupa masker.

Sementara untuk penanganan pelayanan publik terkait Covid-1, Ombudsman RI Babel akan fokus untuk mengawal pelaksanaan vaksinasi.

"Belum ada (aduan tentang penanganan Covid-19 -red ) sampai sejauh ini. Kita hanya merespon beberapa kondisi (melakukan kajian -red), permasalahan PCR, kehabisan reagen dan hasil kasus atau terkonfirmasi positif Covid-19 baru diketahui berminggu-minggu (hasil terkonfirmasi lama -red)," jelas Yozar.

Ia menambahkan bila ada permasalahan pelayanan publik, Ombudsman RI Babel siap menerima aduan dan menindak lanjuti sesuai fungsi yang telah ada. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)
 

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved