Breaking News:

Human Interest Story

Di Balik Pedasnya Harga Cabai, Serudin Harus Berjuang Agar Tak Gagal Panen karena Kondisi Cuaca

Tangan Serudin (55) warga Balunijuk tak hentinya memetik cabai rawit miliknya yang berada tak jauh dari pinggir jalan Raya Air Duren

Bangkapos.com/Widodo
Serudin petani cabai asal Balunijuk 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Tangan Serudin (55) warga Balunijuk tak hentinya memetik cabai rawit miliknya yang berada tak jauh dari pinggir jalan Raya Air Duren, Desa Balunijuk, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka Rabu (24/2/2021).

Hanya berjarak 15 meter dari pinggir jalan raya untuk menuju perkebunan cabai milik Serudin yang luasnya sepertiga hektare.

Memakai baju kaos dalam seadanya dan celana panjang biru serta topi yang melekat di kepala, dirinya terlihat sibuk mengelilingi cabai yang yang hijau dan kemerahan dan dipetik untuk kebutuhan makan.

Seraya memetik cabai, ia pun sambil berbincang-bincang dengan Bangkapos.com dalam pengelolaan tanaman cabai serta harga saat ini.

Harga cabai yang melonjak naik memang diakuinya, namun sayang hari Minggu tadi baru dipanen sehingga Sabtu ini baru dipanen kembali.

"Baru hari Minggu panen itupun dibeli dari tengkulak dengan harga Rp 75.000 per kg, Sabtu ini panen lagi karena 5 atau 6 hari sekali panennya," ungkap Serudin saat ditemui oleh Bangkaposs.com, Rabu (24/2/2021).

Menurutnya, mendengar dari sesama petani, harga cabai rawit saat ini Rp 100.000 dibeli oleh tengkulak dari petani.

Serudin mengatakan Sabtu depan akan kembali panen yang ke 16 kalinya dengan mengupah orang lokal  biasanya ada empat orang.

Kendati tanaman cabai tidak begitu luas, tetapi pada saat panen pertama menghasilkan  sebanyak 180 kilogram  panen yang ke 15 masih 80 kilogram.

"Panen pertama Alhamdulillah mencapai 180 kilogram dan panen ke 15 ini masih 80 kilogram, sekarang sudah banyak yang habis dan masih sisa-sisa," katanya.

Halaman
12
Penulis: Widodo
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved