Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Ada Oknum yang Menyalahgunakan Pengalangan Sumbangan, Silahkan Lapor ke Dinsos Pangkalpinang

Rika Komarina mengungkapkan tidak menyarankan pengumpulan sumbangan yang dilakukan secara pribadi tanpa menggandeng lembaga ataupun yayasan

bangkapos.com
Kepala Dinas Sosial Kota Pangkalpinang, Rika Komarina.(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pangkalpinang, Rika Komarina mengungkapkan tidak menyarankan pengumpulan sumbangan yang dilakukan secara pribadi tanpa menggandeng lembaga ataupun yayasan, Kamis (25/02/2021).

"Boleh diajukan yayasan, lembaga atau forum, sesuai dengan aturan yang berlaku. Sebenarnya untuk pribadi itu tidak disarankan, kami tidak menyarankan mereka untuk turun jalan. Biasanya yang pribadi itu, lebih baik kerja sama dengan lembaga," kata Rika saat dikonfirmasi Bangkapos.com terkait beberapa warga yang meminta sumbangan di perempetan lampu merah di Kota Pangkalpinang.

Terkait rekomendasi dari Dinsos Kota Pangkalpinang, Rika mengatakan tidak mengeluarkan surat rekomendasi atas permintaan yang dilakukan secara pribadi.

"Untuk rekomendasi kami akan teliti untuk periksa, apa sih kebutuhannya kalau sakit ya sakit seperti apa banyak pertimbangannya. Kalau pribadi mengatasnamakan sakit itu tidak pernah ada izin dari kami, kalau kerjasama dengan lembaga itu boleh saja karena lembaga mengajukan tertulis untuk apa dan bagaimana itu harus jelas," jelas Rika.

Selain itu usai melakukan pengumpulan sumbangan, ada kewajiban yang harus dipenuhi yakni melaporkan seluruh hasil kegiatan kepada Dinsos Kota Pangkalpinang.

"Setelah itu mereka harus lapor ke kami, dapat duit berapa diserahkan ke siapa harus ada laporan. Kalau tidak memberikan laporan, kedua kalinya tidak akan kami berikan rekomnya. Lapor harus dengan bukti ada foto, jumlah duit, biasa klien itu kami telusuri benar gak dapat bantuan berapa," tegas Rika.

Lebih lanjut jika ada pengumpulan sumbangan tanpa ada rekomendasi dari Dinsos Kota Pangkalpinang, Rika mengungkapkan akan langsung menjaring oknum tersebut.

"Kalau yang gak lapor langsung jalan itu, kami peringatkan itu tidak boleh. Kami juga sering menjaring kayak tahun kemarin, kami menjaring di simpang empat kantor Wali Kota. Kalau tahun ini ada juga di jalan mentok, itu juga kami peringatkan," jelasnya.

Bagi masyarakat yang ingin melaporkan jika mengetahui ada oknum yang menyalahgunakan pengumpulan sumbangan, Rika mempersilahkan masyarakat untuk langsung melaporkan ke Dinsos Kota Pangkalpinang.

"Kalau masyarakat curiga di jalan itu bener atau enggak, silahkan lapor ke kantor kami. Kalau benar ada indikasi tidak ada rekom dari kami, ya akan kami langsung tindaklanjuti dengan menurunkan tim," saran Rika.

Sementara itu terkait surat rekomendasi, Rika menegaskan akan mengeluarkan jika pihaknya sudah terlebih dahulu melakukan penelusuran terhadap pemohon.

"Kalau rekomendasi itu berkas lengkap itu cepat, masalahnya biasanya orang-orang itu besok turun hari ini ngaju dan ini yang susah. Karena kami mau mgecek dulu bener apa enggak. Persyaratan kalau lembaga harus ada surat keputusan, kepengurusannya jelas, ketuanya siapa, maksud dan tujuannya, jangka waktu dan wilayah dimana saja dan mekanisme penyelenggaraan dan penyaluran harus jelas," ungkap Rika.

(Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevi)

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved