Breaking News:

Baru Pangkalpinang Punya Labkesda Pemeriksaan PCR Tingkat Kabupaten/Kota

Mulai Periksa 32 Sampel Per Hari Dan Akan Terus Ditingkatkan. KEPALA Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr Masagus Hakim mengung­kapkan, pihaknya kin

BANGKAPOS/ANDINI DWI HASANAH
WALI KOTA Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) meninjau dan meres­mikan langsung Laboratorium Biomolekuler, Laboratorium Kesehatan, Kota Pangkalpinang, Rabu (20/1/2021) 

"Akan kita buktikan bahwa kota kita ini aman damai, sehat, jadi jangan lagi khawatir untuk datang. Masalah skrining kita akan tetap terap­kan dengan ketat tapi aktivitas ekonomi juga harus berjalan beriringan,” MAULAN AKLIL - Wali Kota Pangkalpinang

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kepala Dinas Kesehatan Pangkalpinang, dr Masagus Hakim menyatakan, pihaknya terus meningkatkan kemampuan Laboratorium Biomole­kuler Kesehatan Daerah (Labkesda) Pangkalpinang.

Labkesda Pangkalpi­nang yang sudah berjalan satu pekan terakhir ini, mampu untuk pemeriksaan 32 sampel setiap hari.

“Labkesda kita sudah mulai jalan satu minggu ini dan kita sudah mendapat­kan user id, tapi pemerik­saan baru bisa 32 sampel se­tiap hari. Jadi berapa hari ini yang kita umumkan terkait Covid-19, itu dari Labkesda Kota Pangkalpinang,” jelas Masagus Hakim, Rabu (24/2/2021).

Namun Masagus berharap pemeriksaan sampel yang dilakukan oleh Pihak Labkesda Pangkalpinang, dapat bertambah sehingga akan beriringan pada kecepa­tan pemeriksaan Covid-19.

“Ke depan kalau sudah siap kita akan menaikan menjadi 96 sample setiap hari, jadi Alhamdulillah su­dah bisa bantu masyarakat dengan pemeriksaan cepat. Selain itu ada juga antigen yang lebih cepat, tapi belum bisa dijadikan diagnostik,” jelasnya.

Selain itu untuk pemeriksaan sampel, Ma­sagus Hakim juga menyatakan, pihaknya hanya mem­butuhkan waktu tiga hingga empat jam untuk mendapat­kan hasilnya.

“Pemeriksaan itu kita melakukan pengam­bilan swab, nah bahan ini yang kita masukan ke Lab PCR dan lab ini diproses sekitar tiga jam jadi hasil ini bisa keluar,” tambahnya.

Sementara itu untuk Labkesda dengan pemeriksaan PCR (poly­merase chain reaction), untuk tingkat kabupaten kota baru ada di Kota Pangkalpinang.

“Selama berapa hari ini full 32 orang, kalau yang punya lab PCR ini Dinas Provinsi dan RSBT. Nah kita punya Labkesda Kota Pangkalpin­ang, Rumah Sakit Sungailiat itu punya PSM bukan PCR jadi hanya Kota Pangkal­pinang yang punya PCR,” kata Hakim.

Halaman
12
Editor: Fery Laskari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved