Breaking News:

Dijuluki 'Spy Princess' , Inilah Noor Inayat Khan, Wanita Muslim yang Bikin Nazi Kalang Kabut

Sosok Khan terungkap turut berperan dalam perjuangan Eropa melawan Nazi, setelah Shrabani Basu, wanita kelahiran Kolkata, India menulis dan merilis

Editor: Iwan Satriawan
military history
Noor Inayat Khan 

BANGKAPOS.COM- Tak banyak yang tahu ternyata dalam perang dunia ke II ada seorang mata-mata wanita muslim yang bikin kalang kabut pihak Jerman.

Lahir di Moskow pada Hari Tahun Baru 1914, Noor Inayat Khan adalah keturunan seorang pangeran India.

Selama Perang Dunia II ia menjadi agen rahasia untuk Eksekutif Operasi Khusus Inggris (SOE) dan merupakan operator nirkabel wanita pertama yang dikirim ke Prancis yang diduduki.

Dia ada di sana untuk membantu Perlawanan Prancis dan pesan yang dia kirim kembali ke Blighty membantu keberhasilan pendaratan D-day.

Operator radio wanita pertama yang dikirim Inggris ke Prancis yang diduduki, dia dikhianati oleh Jerman, dan ditangkap pada tahun 1943.

Noor Inayat Khan adalah mata-mata Inggris selama Perang Dunia II.

Ia seorang wanita keturunan penguasa Muslim abad ke-18, Sultan Tipu dari Mysore, yang tewas di tangan Nazi.

Khan, namanya mungkin tidak terlalu familier di telinga dan peran apa yang telah ia jalankan bersama Inggris, negara yang telah mencengkeram tanah leluhurnya.

Mungkin wajar, karena nama dan jejaknya sempat tidak disebutkan selama beberapa dekade, seperti yang dilansir dari Al Jazeera pada 28 Oktober 2020.

Sosok Khan terungkap turut berperan dalam perjuangan Eropa melawan Nazi, setelah Shrabani Basu, wanita kelahiran Kolkata, India menulis dan merilis buku biografi Khan, "Spy Princess, pada 2006.

Halaman
1234
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved