Breaking News:

Advertorial

Gemilau Timah, Cara Edukasi Masyarakat Tentang Pengelolaan Sampah

Sampah menjadi masalah serius yang harus segera ditangi bersama untuk menjaga lingkungan.

Ist
Gemilau Timah ,Hari peduli sampah nasional 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Sampah menjadi masalah serius yang harus segera ditangi bersama untuk menjaga lingkungan.

Produksi sampah yang terus bertambah baik sampah rumah tangga maupun industri harus menjadi perhatian serius semua pihak.

Rendahnya kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah juga turut menjadi masalah baru bagi lingkungan.

Berdasarkan permasalahan yang mucul akibat sampah ini, PT Timah Tbk bekerjasama dengan Bank Sampah Sepakat menggagas Program Gemilau Timah atau Generasi Emas Desa Air Limau bersama PT Timah yang akan mulai dilaksanakan pada awal maret nanti.

Program Gemilau Timah merupakan upaya untuk menciptakan kaderisasi yang paham tentang pengelolaan lingkungan yang menyasar pelajar dengan rentang usia 8-15 tahun atau jenjang Pendidikan SD dan SMP.

Nantinya, para peserta didik yang mengikuti program ini akan dibina selama enam bulan, dilatih berbagai keterampilan seperti pengelolaan sampah baik itu diolah menjadi kerajinan, kompos dan produk lainnya yang bernilai.

Selain itu, para peserta didik juga akan dibekali dengan pengetahuan public speaking, managemen pengelolaan bank sampah dan lainnya.

Kegiatan Gemilau Timah Peduli Hari Sampah Nasional
Kegiatan Gemilau Timah Peduli Hari Sampah Nasional (Ist)

Manajer Bank Sampah Sepakat, Mexsi Diansah mengatakan, program ini diinisiasikan lantaran masih terbatasnya kader yang paham tentang pengelolaan lingkungan khususnya sampah.

Melalui program ini mereka akan menciptakan kader-kader baru sehingga nantinya bisa meneruskan ke masyarakat di sekitarnya.

“Program ini upaya kaderisasi untuk pengelolaan sampah, mendaur ulang sampah plastik dan mengajarkan kepada masyarakat luas. Kegiatan ini bukan hanya sekedar formalitas. Tapi nantinya melahirkan generasi yang paham dan sadar akan lingkungan,” katanya.

Halaman
12
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved