Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Pemkab Bangka Tengah Target Program Replanting 500 Hektar Lahan Sawit, Ini Persyaratannya

Pemerintah Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Pertanian Bangka Tengah menargetkan replanting seluas 500 hektar lahan

Penulis: Sela Agustika | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Sela Agustika
Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah, Sajidin 

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Pemerintah Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Pertanian Bangka Tengah menargetkan replanting seluas 500 hektar lahan kebun sawit masyarakat pada tahun 2021.

Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah, Sajidin mengatakan program kuota replanting yang didapatkan pada tahun ini bertambah dibandingkan tahun sebelumnya 2020.

"Tahun ini kita dapat kuota 500 hektar sedangkan tahun 2020 realisasi replanting untuk masyarakat mencapai 234 hektar," sebut Sajidin.

Ia mengungkapkan saat ini pihaknya sudah masuk tahapan sosialisasi sekaligus pendataan kebun sawit warga yang bakal di replanting. D=

Di mana pihaknya mengutamakan perkebunan milik masyarakat yang memang sudah tidak produktif lagi.

"Sudah ada beberapa petani yang mendaftarkan ke kami dan saat ini kita masih fokus mendata di Kecamatan Koba dan Namang, dan selanjutnya baru di 4 Kecamatan lainnya di Bangka Tengah. 

Kami upayakan sebelum Bulan Ramadhan tahun 2021, Rekomendasi Teknis sesuai data yang masuk ini akan kami berikan ke Pemerintah pusat melalui Pemerintah Provinsi Bangka Belitung," kata Sajidin, Kamis (25/2/2021).

Adapun syarat untuk mengikuti program replanting kebun sawit ini, yakni memiliki batang sawit tidak produktif, perkebunan sawit merupakan kawasan Area Pengguna Lainnya (APL), dan satu orang petani memiliki kebun sawit maksimal seluas 4 hektar.

"Peserta replanting kebun sawit ini mendapatkan anggaran biaya replanting senilai Rp 30 juta/hektar. Anggaran tersebut digunakan sebagai biaya pembukaan lahan atau penebangan batang sawit non produktif, pembelian bibit hingga pembelian pupuk," jelas Sajidin.

Lebih lanjut, terkait pembelian bibit untuk kegiatan replanting, ia mengatakan pihaknya akan memberdayakan penangkaran lokal yang memiliki Izin Usaha Perkebunan (IUP). 

"Dengan adanya kegiatan replanting ini harapan kami dapat mensejahterakan petani yang ada di Bangka Tengah," kata Sajidin.

(Bangkapos.com/Sela Agustika)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved