Breaking News:

Dua Hari Kasus Positif Covid-19 Menurun, Kepatuhan Prokes di Bangka Belitung Rendah

Dua hari terakhir ini kasus di Babel mengalami penurunan. Namun hal itu disebut karena laboratorium tidak melakukan uji swab.

Bangkapos.com/dok
Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Babel, Andi Budi Prayitno 

BANGKAPOS.COM ,BANGKA--Dari data Satgas Covid-19 Provinsi Bangka Belitung, kasus positif Covid-19 pada Minggu (28/2/2021) berjumlah 47 orang, total menjadi 7.347 kasus.

Kemudian jumlah kasus sembuh 87 orang, total berjumlah 6.597 kasus, dan tidak ada penambahan kasus meninggal dunia, total masih 111 kasus.

Dua hari terakhir ini kasus di Babel mengalami penurunan berdasarkan data Satgas Covid-19, pada Sabtu kumulatif kasus konfirmasi positif Covid-19 berjumlah 7.300 kasus, bertambah 44 orang.

Kemudian, pada Jumat 26 Februari 2021, Kumulatif kasus konfirmasi positif sebanyak 7.256 kasus, bertambah 70 orang.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Bangka Belitung, Andi Budi Prayitno, mengatakan terjadi penurunan kasus positif karena sebagai laboratorium tidak melakukan uji Swab karena libur.

"Iya terjadi penurunan, pertama karena dua hari ini laboratorium yang ada di Babel, seperti Labkes Provinsi Labkesda Kota Pangkalpinang, laboratorium RSBT, dan laboratorium PCR TCM tidak melakukan uji sampel atau running, sebagian karen libur dan sebagian lagi maintenance rutin alat PCR,"jelas Andi kepada Bangkapos.com, Minggu (28/2/2021).

Andi juga menyampaikan bahwa berdasarkan monitoring kepatuhan dalam menerapkan Protokol Kesehatan yang dilakukan di 34 provinsi di Indonesia selama satu pekan 15-21 Februari 2021 tingkat kepatuhan Protokol Kesehatan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih rendah.

"Tingkat kepatuhan dalam menerapkan protokol kesehatan 3 M di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih sangat rendah. Untuk itu, mari kita tingkatkan kedisiplinan dalam mematuhi Protokol Kesehatan,"ajaknya.

Dia menambahkan, Satgas Covid-19 dalam setiap kesempatan selalu mengajak untuk disiplin dalam menerapkan trilogi protokol kesehatan Covid-19 yakni menggunakan masker, menjaga jarak dan sebisa mungkin menghindari kerumunan/keramaian, dan mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer.

Berikut Angka Kepatuhan Prokes di Babel

1. Angka Kepatuhan Memakai Masker di Lokasi Keramaian: 71,8 persen dari 89,34 persen rata-rata Nasional Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berada di peringkat 11 provinsi dengan tingkat kepatuhan terendah se Indonesia.

2. Angka Kepatuhan Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan di Tempat Kerumunan: 61,3 persen dari 88,39 persen rerata nasional (Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berada di peringkat 4 provinsi dengan tingkat kepatuhan terendah se Indonesia. (Bangkapos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: M Ismunadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved