Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Peminta Sumbangan Tanpa Izin Marak di Simpang Lampu Merah, Kerap Dijaring Dinas Sosial

Pihak Dinas Sosial (Dinsos) Pangkalpinang sering kali menemukan banyak oknum peminta sumbangan ilegal yang beroperasi di sejumlah titik lampu merah

bangkapos.com
Kepala Dinas Sosial Kota Pangkalpinang, Rika Komarina.(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Pihak Dinas Sosial (Dinsos) Pangkalpinang sering kali menemukan banyak oknum peminta sumbangan ilegal yang beroperasi di sejumlah titik lampu merah di Kota Pangkalpinang tanpa izin lembaga atau instansi terkait.

Kepala Dinas Sosial Pangkalpinang, Rika Komarina, Minggu (28/2/2021) menyebutkan, sesuai kewenangannya memang ada aturan yang mengatur pungutan sumbangan di jalanan.

"Kalau kita Dinsos hanya memberikan rekomendasi untuk mereka boleh memungut, artinya sumbangan itu digunakan untuk membantu dari sisi pendidikan misalnya, kesehatan, bencana. Yang penting itu yang minta sumbangan harus ada lembaga atau instansinya," jelas Rika kepada Bangkapos.com, siang ini.

Kata Rika, sebetulnya siapa saja boleh meminta sumbangan asalkan resmi, dan digunakan untuk kepentingan dan membantu orang lain bukan untuk pribadi.

"Kalau seperti mahasiswakan ada lembaganya dari BEM, dari forum-forum boleh, kepanitian boleh juga, asalkan resmi saja. Yang tidak boleh itu untuk personal dia saja, untuk kepentingan pribadinya," katanya.

Diakui Rika, memang ada beberapa kali pihaknya dari Dinas Sosial Kota Pangkalpinang menjaring beberapa orang yang meminta pungutan sumbangan liar di lampu merah.

"Sudah ada beberapa kali itu kami tangkap, kami jaring kami kasi peringatan, edukasi bahwa yang dilakukan dilarang kalau pungutan sumbangan untuk pribadi itu tidak boleh, dan menandatangani surat tidak akan mengulanginya kembali," ujar Rika.

Menurut Rika, apa yang dilakukan oleh oknum pemungut sumbangan tanpa lembaga itu merupakan pengemis secara terselubung.

"Kalau pembinaan secara khusus tidak ada, kami hanya memberikan pemahaman bahwa tidak boleh memungut sumbangan secara sembarangan, sudah sering kami jaring dan kami kasi pemahaman, dan kelihatannya membandel akan kami jaring kembali. Mereka ini seperti pengemis secara terselubung tanpa berpakaian compang-camping," katanya. (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved