Breaking News:

Berita Sungailiat

14 Wasit Sepak Bola Lokal Bangka Ikut Berjuang Dapatkan Lisensi C3

Bupati Bangka, Mulkan membuka pelatihan wasit sepak bola lisensi C3, tingkat Kabupaten Bangka yang dilaksanakan Askab PSSI Kabupaten Bangka.

Bangkapos.com/Edwardi
Bupati Bangka Mulkan membuka pelatihan wasit sepak bola Lisensi C3 tingkat Kabupaten Bangka di aula Hotel ST12 Sungailiat, Senin (01/03/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bupati Bangka, Mulkan membuka pelatihan wasit sepak bola lisensi C3, tingkat Kabupaten Bangka yang dilaksanakan Askab PSSI Kabupaten Bangka di aula Hotel ST12 Sungailiat, Senin (01/03/2021).

Ketua panitia pelaksana pelatihan wasit C3, Tuiman mengatakan, pelatihan wasit sepak bola kualifikasi C3 ini maksudnya untuk melatih wasit sepak bola yang berhak untuk memimpin pertandingan sepak bola di tingkat kabupaten/kota ataupun antar kecamatan.

"Seperti memimpin turnamen Liga Bangka Setara, Liga Orom, Piala Bupati Bangka ataupun pertandingan tarkam dan antar kecamatan," kata Tuiman.

Ditambahkan kegiatan ini dilakukan untuk mencari bibit-bibit wasit baru sepak bola di Kabupaten Bangka.

"Peserta pelatihan seluruhnya ada 14 orang, 11 orang berasal dari Kabupaten Bangka, Kota Pangkalpinang dua orang dan Kabupaten Bangka Barat ada satu orang wasit sepak bola wanita," ujar Tuiman.

Kegiatan pelaksanaan pelatihan ini selama tujuh hari di aula Hotel ST12 Sungailiat dengan mendatangkan dua pelatih wasit nasional dari PSSI.

"Terakhir kali kita mengadakan pelatihan wasit kategori C2 pada tahun 2013 yang lalu, jadi sudah cukup lama juga tidak ada pelatihan wasit ini. Kita berharap para peserta yang berhasil lulus nantinya bisa menjadi wasit sepakbola ini sebagai profesi yang dicintai," harap Tuiman.

Sementara Bupati Bangka Mulkan mengatakan seorang wasit sepak bola harus memiliki C3, yakni cerdas, cermat dan cekatan serta sikap netral dalam memimpin pertandingan sepakbola di lapangan.

"Kalau wasit ini loyo dan tidak cerdas, cermat dan cekatan serta tidak netral memimpin pertandingan ini sangat berbahaya karena bisa memicu terjadinya keributan di lapangan," kata Mulkan.

Mulkan mengaku sangat mendukung dan mendorong Askab PSSI Bangka menyelenggarakan kegiatan pelatihan wasit sepak bola ini supaya bisa menghasilkan wasit sepak bola berkualitas baik di Kabupaten Bangka dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung umumnya.

"Kita berharap dari pelatihan ini para peserta bisa mendapatkan banyak ilmu pengetahuan mengenai dunia perwasitan sepak bola yang terus berkembang maju, saya harapkan para peserta jangan malu dan takut untuk bertanya kepada para instruktur wasit nasional dari PSSI ini," harap Mulkan.

Diakuinya memang sampai saat ini belum ada masalah yang berarti yang dihadapi para wasit sepak bola di Kabupaten Bangka ini.

"Semoga dengan pelatihan ini para wasit sepakbola kita semakin baik dan berkualitas dalam memimpin pertandingan sepakbola," harap Mulkan.

Kegiatan ini dihadiri Ketua KONI Kabupaten Bangka, Mercy Yuda, Sekum Asprov PSSI Babel Akwen, Ketua Askab PSSI Bangka Rozali, Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Ramli Sinin, Kapolsek Sungailiat Iptu Rene Zakharia dan tamu undangan lainnya.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved