Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Ada Perubahan, Penyaluran Dana BOS Madrasah Swasta Berada di Pusat

Penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bagi Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), serta Madrasah Aliyah (MA) swasta

Ist
Dana BOS 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bagi Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), serta Madrasah Aliyah (MA) swasta berubah tahun 2021 ini, bila dibandingkan tahun 2020.

Pasalnya, dana BOS tahun ini dilakukan terpusat oleh Ditjen Pendidikan Islam atau tidak lagi disalurkan melalui Kantor Wilayah Kemenag Provinsi dan Kantor Kemenag (Kankemenag) Kabupaten atau Kota.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Bangka Belitung, Muhammad Ridwan.

"Pada bulan Desember sudah selesai semua yang periode tahun 2020. Ada perubahan di tahun 2021, anggaran BOS itu terpusat di pusat proses pencairannya, yang ini kita masih menunggu untuk aturan baru ini," jelas  Ridwan, Senin (1/3/2021).

Di tengah pandemi Covid-19, dana bantun BOS digunakan juga berupa bantuan kuota internet dalam menunjang kegiatan belajar mengajar secara virtual.

"Ada istilahnya recofusing atau boleh dialihkan untuk kepentingan misalnya internet karena daring, dibantu dengan beli paket," kata Ridwan.

Terkait penggunaan dana BOS yang lain disesuaikan tergantung masing-masing madrasah dalam proses belajar mengajar.

Sementara itu, Staf Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag Babel, Nasution menambahkan pencairan dana BOS dari pusat dengan cara madrasah mengisi data dan sedang dalam proses pencairan untuk tahun 2021.

"Sekarang di pusat, pencairannya bisa tiga bulan, rencananya dua kali pencairan. Tetapi belum tau secara jelas karena aturan baru dari pusat. Kalau dulu di Kemenag," jelas Nasution.

Untuk besaran dana, bagibMadrasah Ibtidaiyah (MI) sebesar Rp 900 ribu Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebesar Rp1,1 juta serta Madrasah Aliyah (MA) sebesar Rp1,5juta.

Halaman
123
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved