Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Zirkon 300 Ton Sudah Diekspor, Ada Kabar Pengiriman Kembali, Ini Penjelasan Bea Cukai Pangkalbalam

Aktivitas pengiriman mineral ikutan timah yakni Zirkon, dikabarkan akan di ekspor beberapa hari kedepan, melalui Pelabuhan Pangkalbalam

Bangkapos.com/Yuranda
Kasi Kepatuhan Internal dan penyuluh sekaligus Humas Beacukai Pangkalbalam, Pangkalpinang Suharyanto. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Aktivitas pengiriman mineral ikutan timah yakni Zirkon, dikabarkan akan di ekspor beberapa hari kedepan, melalui Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Bangkapos.com, menyebutkan pengiriman Zirkon itu, sebanyak dua kontainer, akan dikirim ke luar Pulau Bangka.

Sebelumnya ekspor Zirkon sebanyak 300 ton, telah dilakukan sepekan terakhir.

Adanya ekspor Zirkon tersebut juga dibenarkan oleh Kasi Kepatuhan Internal dan penyuluh sekaligus Humas Beacukai Pangkalbalam, Pangkalpinang Suharyanto, di ruangan pertemuan, Bea Cukai Pangkalbalam, Senin (1/3/2021).

"Iya, pengiriman Zirkon itu ada sebanyak 300 ton, pada Jumat kemarin. Tapi untuk beberapa Minggu kedepan, kami belum mendapatkan informasi, ada ekspor atau tidak,"  ungkap Suharyanto, Senin (1/3/2021)

Sementara itu, menanggapi 300 ton Zirkon yang sudah diekspor, Suharyanto tidak bisa menjelaskan secara detail, terkait nama perusahaan pengiriman, dan tujuan pengiriman itu.

"Itu bukan kewenangan kami untuk memberikan informasi, karena ada hal-hal yang dirahasiakan, terkait persaingan bisnis," ungkapnya.

Katanya, Zirkon untuk kategori tertentu bisa diekspor, kalau dulu memang dilarang untuk di ekspor.

Kalau tidak ada Laporan Surveyor (LS), maka barang pihaknya tahan. Namun, kalau ada LS sepanjang Zirkon ada LSnya pihaknya tidak bisa menahan barang tersebut.

"Kalau masalah LS-nya dipertanyakan masyarakat umum, yang bertanggung jawab adalah LS-nya. Kalau di bea cukai ini hanya pemeriksaan terakhir. Jadi kami tidak mengecek, barang itu ilegal atau tidak itu bukan kewenangan kami, sepanjang itu ada LS-nya, maka yang bertanggungjawab LS," jelas Suharyanto.

Halaman
12
Penulis: Yuranda
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved