Breaking News:

Berita Bangka Barat

Dandrem 045 Gaya Tinjau dan Buka Kegiatan TMMD Kodim 0431 Bangka Barat

Tak lama lagi jalan dari Desa Air Limau menuju Pelabuhan Tanjung Ular Muntok akan dibuka.

Penulis: Antoni Ramli | Editor: El Tjandring
IST Korem
Kegiatan pembukaan TMMD ke-110 ddibuka Danrem 045 Garuda Jaya/Babel Brigjen TNI M Jangkung Widyanto SIp MTr (Han) dan sebagai Dandim 0431/Bangka Barat Letkol Inf Agung Wahyu Perkasa sebagai Komandan Satgas TMMD, Selasa (2/3/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Tak lama lagi jalan dari Desa Air Limau menuju Pelabuhan Tanjung Ular Muntok akan dibuka.

Pembukaan akses jalan sepanjang 13,4 kilometer tersebut, menyusul kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD) Kabupaten Bangka Barat ke-110 Tahun Anggaran 2021.

Nantinya akses pembukaan jalan tersebut melewati Desa Air Putih lalu Desa Air Limau, Muntok dengan lebar 15 sampai 30 meter.

TMMD ini sangat dinanti lantaran memberikan manfaat bagi masyarakat, tidak hanya pembangunan fisik tetapi menyasar kegiatan nonfisik lainnya.

"Saya hadir di sini dalam rangka pembukaan TMMD yang digelar Kodim 0431/Bangka Barat dan ada penyerahan pekerjaan dari Pak Bupati kepada Pak Dandim," kata Komandan Korem 045 Garuda Jaya Bangka Belitung Brigjen TNI M Jangkung Widyanto, di Gedung Graha Aparatur, Pemkab Bangka Barat (Babar), Selasa (2/3/2021).

Peninjaun yang dilakukan Dandrem, dimulai dari proses pembukaan, pembangunan jalan termasuk tahap-tahap yang sudah dikerjakan oleh Komandan Kodim (Dandim) 0431 Babar Letkol Inf Agung Wahyu Perkasa, sebagai Komandan Satgas TMMD 2021.

Jenderal Bintang satu tersebut mengapresiasi kegiatan TMMD yang dimulai lebih dari jadwal semula mengingat panjangnya rute pembukaan akses jalan agar pengerjaannya tepat sesuai jadwal.

"Sesuai tema TMMD tahun ini yakni TMMD Wujudkan Sinergi Membangun Negeri, kita TNI manunggal membangun desa bekerja sama dengan stakeholder, ada pemda, Polri, dan komponen masyarakat lainnya," bebernya.

Tahun ini kata Dandrem, TMMD dilakukan di dua kabupaten sesuai arahan Kodam II Sriwijaya dan diharapkan berjalan lancar.

Menurutnya, pelaksanaan TMMD disesuaikan dengan target masing-masing yang disepakati Kodim dan pemda setempat.

Sementara sasaran nonfisik yakni, melakukan pembagian sembako, program pengentasan stunting (anak kekurangan gizi kronis), posyandu dan sosialisasi terkait Covid-19 serta keamanan wilayah.

"Di Bangka Barat, kita membuka akses jalan yang melibatkan 150 personel Satgas TMMD. TMMD ke-110 itu berisi agenda membangun jalan, rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 2 unit, pembuatan sarana lapangan voli, pembuatan jembatan dan pembuatan gorong gorong," katanya.

4,4 Kilometer jalan sudah dibuka

Dandim 0431 Bangka Barat Letkol Inf Agung Wahyu Perkasa mengatakan, pihaknya mendapat kegiatan pembuatan jalan sepanjang 13,4 Km dari Air Limau menuju Pelabuhan Tanjung Ular.

"Kemarin kami sudah mengerjakan selama 15 hari, hasil pekerjaan jalan sepanjang 4,4 Kilometer. Diselesaikan dua jembatan dan tiga gorong-gorong dan hari ini akan membangun gorong-gorong keempat," ujar Agung.

Sementara pembangunan jalan ke arah Desa Air Putih maupun di Desa Air Limau masih menunggu proses pergantian lahan milik masyarakat dan Insya Allah Minggu depan selesai.

Ditempat yang sama, Bupati Bangka Barat Markus menyebutkan pihaknya mendukung kegiatan tersebut dan berharap bisa selesai dengan lancar untuk membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Babar.

"Tentunya kami dari pemerintah daerah mendukung program TMMD ini, karena jalan ini langsung menuju kawasan Tanjung Ular dan kita tahu karena di Tanjung Ular pusat pelabuhan barang dan satu-satunya pintu gerbang perekonomian di Bangka Barat," kata Markus.

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved