Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Pemerintah Gencarkan Program Vaksinasi Gotong Royong, Berikut Rinciannya

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo, Selasa (2/3/2021) mengatakan, vaksinasi gotong royong,

Darwinsyah/BangkaPos
Ilustrasi suntik vaksin 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo, Selasa (2/3/2021) mengatakan, vaksinasi gotong royong, jadi satu di antara program yang digencarkan pemerintah dalam melakukan percepatan Vaksinasi Covid-19.

Hal ini berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 10 Tahun 2021, Vaksinasi Gotong Royong adalah pelaksanaan vaksinasi kepada karyawan atau karyawati, keluarga dan individu lain terkait dalam keluarga yang pendanaannya ditanggung atau dibebankan pada badan hukum atau badan usaha.

"Karyawan atau karyawati, keluarga dan individu lain terkait dalam keluarga sebagai penerima Vaksin Covid-19 dalam pelayanan vaksinasi gotong royong tidak dipungut bayaran atau gratis," ujar dr Bangun, pagi ini.

Pendistribusian Vaksin Covid-19 untuk vaksinasi gotong royong dilaksanakan oleh PT Bio Farma (Persero), penunjukan langsung badan usaha oleh Menteri sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai pengadaan Vaksin Covid-19) ke fasilitas pelayanan kesehatan milik masyarakat atau swasta, bekerja sama pada badan hukum/badan usaha.

"Secara sederhana dapat dikatakan bahwa vaksinasi gotong royong merupakan kegiatan vaksinasi yang dilakukan melalui kerja sama antara badan hukum/badan usaha dengan fasilitas pelayanan kesehatan milik masyarakat/swasta," jelas dr Bangun.

"Vaksinasi gotong royong dilakukan secara terpisah pada vaksinasi program pemerintah.  Artinya vaksinasi program pemerintah dan vaksinasi gotong royong berjalan beriringan agar target capaian kekebalan kelompok dapat segera diwujudkan," tambahnya.

Dalam pelaksanaan nantinya, fasilitas pelayanan Kesehatan milik masyarakat atau swasta harus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan kabupaten atau kota setempat terkait teknis pelaksanaan dan juga ketersediaan vaksin.

Data hingga Senin, (1/3/2021) bahwa sudah sebanyak 11.047 orang yang telah divaksinasii dosis pertama sedangkan sebanyak 9.485 orang yang telah divaksinasi dosis kedua dari total sasaran 13.174 orang.

Pelaksanaan vaksinasi tahap pertama dan kedua ini menyebar pada tujuh wilayah di Bangka Belitung yakni Kota Pangkalpinang, kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur.

Adapun rincian data vaksinasi di wilayah Bangka Belitung meliputi:

Halaman
12
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved