Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pemprov Bangka Belitung Gratiskan Sertifikat Halal untuk 200 Pelaku UMKM

Gubernur Erzaldi Rosman, menyerahan sertifikat halal kepada pelaku usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Riki Pratama
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan 

BANGKAPOs.COM , BANGKA -- Gubernur Erzaldi Rosman, menyerahan sertifikat halal kepada pelaku usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur, pada Selasa (2/3/2021).

Gubernur menyerahkan 200 sertifikat halal kepada pelaku UMKM, dia mengharapkan sertifikat tersebut dapat menjadi nilai tambah untuk produk UMKM.

"Kita hanya membantu 200 sertifikat halal ditambah 40 dari pusat dari APBN, memang ini jauh dari cukup kebutuhan pun sangat besar, sehingga kita bantu ini untuk produk porduk kita prioritaskan disamping UMKM, dan modal mereka terbatas terus yang kita pilih produknya," jelas Erzaldi Rosman, kepada Bangkapos.com, Selasa (2/3/2021).

Menurutnya,  masih banyak UMKM yang membutuhkan bantuan sertifikat halal nanum, masih terkendala anggaran.

"Tahun ini tentunya kita mau sebanyak banyaknya, tetapi kita ada recofusing jadi banyak kegiatan sebetulnya sudah kita desain sedemikian rupa tetapi karena recofusing, kita melajukan penyesuaian agar kita tetap bisa melayani masyarakat dengan optimal," kata Erzaldi.

Dia menegaskan, dengan adanya sertifikat halal ini tentunya mutlak menjaid nilai tambah untuk produk UMKM.

"Selain dari sertifikat BPPOM, sehingga produk mereka nilainya bertambah karena para pembeli sangat berharap keyakinan mereka bahwa produknya betul-betul halal sehat, bersih dan lain sebagainya," ungkap Erzaldi.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Elfiyena, mengatakan ini merupakan program tiap tahunya yang dilaksanakan oleh Pemprov Bangka Belitung membantu pelaku usaha UMKM.

"Ini berjalan sejak 2017 sudah sampai 1.000 yang memiliki settifikat hal ini, tiap tahun bertambah, cara mendatkanya kami meminta usulan dari kabupaten/kota," jelasnya. 

Dia mengatakan dengan adanya sertifikat ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas produk UMKM di Bangka Bwlitung.

"Selama ini kita percaya dengan pemerintah di kabupaten/kota sebagai pembina utamaka, usaha kecil atau mikro yan penting membuat para pelaku UMKM ada rasa kurang bika tidak memiliki sertifikat, itu yang kita sosilisasi terus," kata Elfiyena.

Penerima Fasilitas Sertifikat Halal
1. Kota Pangkalpinang sebanyak 64 UMKM
2. Kabupatem Bangka sebanyak 5 UMKM
3. Kabupaten Belitung sebanyak 30 UMKM
Sumber: Dinas Koperasi dan UMKM Babel.
(Bangkapos/Riki Pratama)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved