Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Tahun 2021, Pemprov Bangka Belitung Ajukan 128 CPNS dan 901 PPPK, Tunggu Pengumuman Pemerintah Pusat

M Erisco Nurrahman, mengatakan, bahwa pihaknya belum dapat pengumuman, terkait persetujuan dari Kemenpan mengenai usulan CPNS dan PPPK.

sscndata.bkn.go.id
Pemerintah akan membuka perekrutan pegawai lewat seleksi CPNS/PPPK 2021 pada tahun ini. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kepala Subbidang Perencanaan dan Pengadaan Pegawai BKPSDM Kepulauan Bangka Belitung M Erisco Nurrahman, mengatakan, bahwa pihaknya belum dapat pengumuman, terkait persetujuan dari Kemenpan mengenai usulan CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dia menjelaskan, belum ada kepastian apakah pada April mendatang proses pendaftaran akan dilaksanakan.

Erisco hanya menyampaikan bahwa jumlah formasi untuk Pemprov Bangka Belitung telah disampaikan sebanyak 128 CPNS dan 901 untuk PPPK.

"Sebanyak 128 CPNS dan 901 PPPK, untuk CPNS itu bidang Kesehatan dan teknis yang mendukung program prioritas pembangunan kemudian PPPK untuk tenaga pendidik," jelas Erisco kepada Bangkapos.com, Selasa (2/3/2021).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Provinsi Babel, Sahirman Jumli, mengatakan, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung tetap menyiapkan formasi untuk diajukan.

Ia menjelaskan, pengajukan sejumlah formasi pengadaan CPNS 2021, tetap dilakukan, meskipun belum resmi dibuka oleh pemerintah pusat.

"Kita tetap ajukan dan mudah-mudahan pengadaan CPNS 2021 ini dibuka kembali," kata Sahirman.

Ia, menambahkan, untuk formasi yang diajukan oleh Pemprov Bangka Belitung, dominan pada bidang pendidikan dan tenaga kesehatan, disamping kebutuhan yang diajukan oleh organisasi perangkat daerah. 

"Jumlah ini sempat kita ralat juga, karena ada permintaan pak gubernur untuk menambah formasi di bidang pariwisata. Jadi tergantung Kemenpan, namun kami sudah mengajukan sesuai kebutuhan OPD dan masyarakat," ungkap Sahirman.

Sahirman, menegaskan, pihaknya tidak bisa memastikan usulan formasi CPNS sepenuhnya diterima oleh Kemenpan RB, mengingat pengalaman sebelumnya selalu diterima hanya setengahnya saja.

Senada, Wakil Ketua DPRD Babel, Amri Cahyadi, menyampaikan, terkait rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) membuka seleksi bagi guru honorer atau non Pegawai Negeri Sipil untuk menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) pada 2021, untuk dijadikan fokus.

Ia menyarankan untuk kuota untuk ditambah kembali, karena melihat kebutuhan dan banyaknya guru honorer di Provinsi Bangka Belitung.

"Kita akan fokus ke PPPK untuk guru honorer, tidak hanya dari pemerintah provinsi tetapi juga kabupaten/kota. Kita perjuangkan ke Kemenpan RB nantinya, kita sampaikan bahwa ini data kita," kata Amri.

Politikus PPP ini juga mengatakan, pemerintah pusat telah menyampaikan, soal kebijakan untuk 1 juta guru di 2021, tetapi, Pemerintah Provinsi Babngka Belitung hanya mendapatkan sedikit.

"Diharapkan semuanya masuk dalam data dapodik terutama yang usia 35 ke atas kita perjuangakan. Namun, nanti harus ada uji kompetensi, tidak bisa mengatakan langsung begitu,  kita perjuangan semoga pusat merestui," harap Amri. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved