Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Ternyata Dana BOS Bisa Digunakan Buat Beli Paket Internet, Begini Penjelasan Kadindik Pangkalpinang

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim menegaskan dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang diberikan pemerintah bisa

Darwinsyah/BangkaPos
Ilustrasi Uang 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim telah menegaskan, bahwa dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang diberikan pemerintah bisa digunakan untuk pembelian kuota gratis internet siswa dan guru.

Hal tersebut juga diakui, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pangkalpinang, Eddy Supriadi.

Kata Eddy memang sudah sejak tahun lalu alokasi dana BOS bisa digunakan untuk pembelian paket internet siswa dan guru.

Kata Eddy, selain bisa diguankan untuk membeli paket internet siswa dan guru, dana BOS juga digunakan untuk membayar tenaga honorer di ruang lingkup sekolah tersebut.

Diakui Eddy, saat ini kebanyakan sekolah menggunakan dana BOS untuk keperluan operasional dan mempersiapkan belajar tatap muka, seperti membeli handsanitizer dan perlengkapan lainnya.

"Kalau alokasi dana BOS memang langsung ditransfer ke rekening sekolah, dan pemerintah memberikan keleluasaan kepada sekolah untuk menggunakan dana BOS itu. Bisa digunakan untuk paket internet, bayar guru honorer, hingga persiapan buka sekolah," kata Eddy kepada Bangkapos.com, Selasa (2/3/2021).

Menurutnya, dana BOS yang bisa digunakan untuk membeli kuota internet itu demi meringankan beban orang tua dan siswa.

Lebih lanjut kata Eddy, banyak siswa yang saat ini memang mengalami kesulitan belajar daring karena kerap tak mempunyai kuota internet.

"Penggunaannya nanti dapat disesuaikan masing-masing sekolah, seperti apa mekanismenya, dengan porsi anggaran yang ada jadi mereka bisa menggunakan itu untuk pembelian pulsa data internet untuk pembelajaran," jelasnya.

Kata Eddy, paket tersebut akan diberikan setiap bulan, namun yang lebih dipentingkan untuk para pelajar yang nantinya akan menghadapi Ujian Nasional (UN) atau ujian akhir.

Halaman
12
Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved