Breaking News:

Advertorial

Tingkatkan Hasil Tangkapan Nelayan, Kelompok Nelayan Semujur Indah Bersama PT Timah Buat Rumpon

Kelompok Nelayan Semujur Indah Desa Tanjung Gunung membuat puluhan rumpon yang akan ditenggelamkan ke laut

Ist
Kelompok Nelayan Semujur Indah Desa Tanjung Gunung membuat puluhan rumpon yang akan ditenggelamkan ke laut. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kelompok Nelayan Semujur Indah Desa Tanjung Gunung membuat puluhan rumpon yang akan ditenggelamkan ke laut.

Pembuatan rumpon ini merupakan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Timah Tbk melibatkan nelayan yang diharapkan dapat meningkatkan hasil tangkapan nelayan.

Bendahara Kelompok Nelayan Semujur Indah, Junior mengatakan, pihaknya membuat sekitar 55 rumpon dengan lima jenis.

Rencananya rumpon akan diturunkan di saat cuaca sudah teduh atau bersahabat. Rumpon-rumpon ini akan ditenggelamkan di tujuh titik, sehingga nantinya semakin banyak wilayah tangkapan baru nelayan.

Menurut Junior, nantinya nelayan juga akan terlibat dalam penenggelaman dan tidak hanya kelompok mereka yang ikut berpartisipasi.

Namun, juga kelompok nelayan lainnya, pasalnya rumpon ini nantinya akan sama-sama dimanfaatkan para nelayan.

Kelompok Nelayan Semujur Indah Desa Tanjung Gunung membuat puluhan rumpon yang akan ditenggelamkan ke laut.
Kelompok Nelayan Semujur Indah Desa Tanjung Gunung membuat puluhan rumpon yang akan ditenggelamkan ke laut. (Ist)

“Pemasangan nantinya melibatkan nelayan juga, kemungkinan sekitar satu minggu nanti tergantung banyak kapal nelayan yang besar atau yang kecil yang ikut. Yang mengerjakan memang kelompok kami, tapi kelompok lain juga ada berpartisipasi karena kan ini nanti akan kita manfaatkan sama-sama,” jelasnya.

Menurutnya, mereka mengerjakan puluhan rumpon ini dengan gotong royong namun tetap mendapatkan upah. Sehingga dengan cuaca saat ini, pihaknya cukup terbantu dengan adanya pengerjaan rumpon ini.

“Ada uang lelahnya tapi memang tidak banyak dan ini memang kita kerjakan secara gotong royong, karena nanti kita juga yang menikmati hasilnya kalau hasil tangkapan banyak dari rumpon yang ditenggelamkan,” sebutnya.

Junior mengapresiasi program yang dilaksanakan PT Timah ini selain memberikan lapangan pekerjaan, namun ini juga untuk jangka panjang, untuk itu pihaknya begitu antusias melaksanakan program ini.

Halaman
12
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved