Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Polda Bangka Belitung Minta Polres Warning Warga Cegah Terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan

Jajaran Polda Kepulauan Bangka Belitung, telah mengintruksikan jajaran polres di Bangka Belitung, untuk mewaspadai Kebakaran Hutan dan Lahan

Bangkapos.com/Anthoni Ramli
Kabid Humas Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kombes Pol Maladi 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Jajaran Polda Kepulauan Bangka Belitung, telah mengintruksikan jajaran polres di Bangka Belitung, untuk mewaspadai Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) memasuki musim kemarau.

Bahkan sejumlah jajaran polres, seperti Bangka Selatan dan Bangka Barat, telah memasang spanduk larangan dan wasapada terjadinya arhutla.

"Beberapa waktu lalu, soal Karhutla ini sudah dibahas di tingkap Polda.  Bahkan,  sejumlah Polres seperti Basel dan Babar telah memasang spanduk imbauan pencegahan Karhutla," kata Kabid Humas Polda Babel, Kombes Pol Maladi, Kamis (4/3/2021) sore.

Sejauh ini, kata Maladi belum ada laporan terkait terjadinya Karhutla di wilayah kepulauan Bangka Belitung. Kendati demikian, bukan berarti pihaknya tidak mewaspadai terjadinya Karhutla tersebut.

Terlebih, saat memasuki musim kemarau seperti ini.  Selain, berkordinasi ke Polres jajaran, pihaknya juga rutin melakukan patroli mengantisipasi terjadinya karhutla.

"Kalau kasus Karhutla sampai saat ini belum ada, cuma  tetap kami pantau dan awasi. Kami juga intens melakukan pemantauan mulai dari tingkat Polda, Polres, hingga Polsek. Kalau patroli sudah menjadi tugas pokok dan dilakukan hampir setiap hari," bebernya.

Maladi mengimbau, agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar. Apalagi memasuki musim kemarau seperti ini, rentan terjadi karhutla.

"Kami minta kalau warga membuka lahan jangan dengan cara dibakar, jangan membuang puntung sembarangan, kalaupun ada titik membakar harus dipantau hingga betul betul padam, jangan langsung ditinggal begitu saja," imbau Maladi.

(Bangkapos.com/Anthoni Ramli)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved