Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Wagub Bangka Belitung Sampaikan Kelangkaan Gas Elpiji 3 Kg karena Subsidi Tak Tepat Sasaran

Gas subsidi elpiji di 3 kilogram yang diperuntukan untuk kelompok miskin masih banyak digunakan oleh kelompok masyarakat mampu

Penulis: Riki Pratama | Editor: nurhayati
Pos Belitung/Disa Aryandi
Ratusan orang secara bergantian, mengantri Gas LPG 3 Kg di salah satu toko di Jalan Lettu Mad Daud, Tanjungpandan, Belitung, senin (15/2/2021). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Gas subsidi elpiji di 3 kilogram yang diperuntukan untuk kelompok miskin masih banyak digunakan oleh kelompok masyarakat mampu.

Akibatnya, kuota gas subsdi ini sering habis di tangah jalan, sehingga terjadi kelangkaan.

Kemudian kelompok yang berhak mendapatkan gas menjadi dirugikan.

Wakil Gubernur Abdul Fatah, mengatakan, untuk menjaga kuota gas subsidi elpiji 3 kg agar tepat pada sasaran, pemerintah berusaha melakukan pengendalian, dengan kartu pengendali gas, yang akan diberikan kepada warga miskin saja pengguna gas melon.

"Pemerintah ini ingin menjaga agar gas elpiji 3 kilogram ini tetap sasaran karena ini merupakan subisidi, yang sudah ditentukan penerimanya. Pemerintah ingin mendudukan persoalan yang selama ini sering terjadi, jangan orang tidak layak menggunakan gas elpiji 3 kilogram mendapatkanya," ungkap Abdul Fatah kepada Bangkapos.com, Kamis (4/3/2021) di kantor gubernur.

Dia menambahkan, solusi pembuat kartu kendali gas dilakukan untuk mengendalikan penggunana gas subsidi elpiji 3 kg agar penggunanya tepat sasaran.

"Pemilik kartu kendali yang hanya berhak nanti mendapatkan gas elpiji 3 kg atau gas subsidi, saat ini sedang dilakukan pendataan hingga tatanan yang paling bawah dilakukan verifikasi dari desa hingga kecamatan sebelumnya akhirnya nanti ke Bupati," jelas pria kelahiran Belitung Timur ini.

Dia menargetkan pada awal April 2021 nanti, penggunakan kartu kendali gas elpiji 3 kilogram bisa langsung digunakan, sehingga tidak lagi terjadi kelangkaan gas di Bangka Belitung.

"Diharapkan nanti pada akhir bulan Maret ini kartu kendali tersebut sudah siap, sehingga pas 1 April kemudian bisa diterapkan di Bangka dan Belitung," tegasnya.

Perlu Keakuratan Data

Tabung gas 3 kg di SPBE Air Mesu
Tabung gas 3 kg di SPBE Air Mesu (Dok/Bangkapos.com)
Halaman
1234
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved