Breaking News:

Bank Sumsel Babel Permudah Petani Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

Achmad Syamsudin menyebutkan, tanaman porang bisa menjadi produk yang diandalkan oleh Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam membantu perekonomian

Bangka Pos/Widodo
Direktur Utama Bank Sumsel Babel Achmad Syamsudin saat mengunjungi tanaman lada, kopi porang milik Haji Duk di Desa Puput Kecamatan Simpangkatis, Rabu (3/3). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Bank Sumsel Babel ikut membangkitkan ekonomi masyarakat sesuai dengan Program Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Direktur Utama Bank Sumsel Babel Achmad Syamsudin didampingi Pemimpin Bank Sumsel Babel Syariah Pangkalpinang Eldi Handoko mengunjungi petani porang di Desa Namang Kecamatan Namang Kabupaten Bangka Tengah, Selasa (2/3).

Direktur Utama Bank Sumsel Babel Achmad Syamsudin saat mengunjungi tanaman porang serta ikut menanam porang di Desa Namang Kabupaten Bangka Tengah, Selasa (2/3).
Direktur Utama Bank Sumsel Babel Achmad Syamsudin saat mengunjungi tanaman porang serta ikut menanam porang di Desa Namang Kabupaten Bangka Tengah, Selasa (2/3). (Bangka Pos/Widodo)

Achmad Syamsudin menyebutkan, tanaman porang bisa menjadi produk yang diandalkan oleh Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam membantu perekonomian masyarakat.

"Kalau porang ini sebenarnya di sini sebagai pemberdayaan masyarakat petani untuk menghasilkan suatu produk yang memang dibutuhkan dan akan menjadi andalan bagi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan bekerja sama dengan CV Tri Mitra dan Pak Zaiwan selaku petani untuk membantu program dalam memasarkan Kredit Usaha Rakyat (KUR)," katanya.

Dia mengatakan, tiga hal yang sangat penting dilakukan yakni diantaranya pendanaan dari Bank Sumsel Babel, pembinaan dan akses pasar dari CV Tri Mitra jadi petani serius untuk tanaman porang ini.

Perwakilan CV Tri Mitra, Mustofa menyebutkan perusahaannya ini mewakili PT Paidi Indo Porang yang ada di Madiun.

"Tanaman porang ini kuotanya unlimited, Kami siap membantu nantinya apabila ada KUR untuk petani," kata Mustofa.

Tanaman porang yang diolah kemudian dijadikan bahan baku dalam produk berupa makanan seperti mie dan bahan baku ice cream, beras, tahu dan campuran susu. Sedangkan bukan makanan diolah menjadi lem, kain parasut dan juga viber pesawat.

Petani Porang, H Zaiwan menuturkan, adanya dukungan dari Bank Sumsel Babel menambah semangat mengembangkan tanaman porang.

"Kami selaku petani semakin bersemangat untuk mengembangkan porang di Bangka Belitung. Jadi kami bersama pemerintah daerah dalam hal ini gubernur dan bupati siap mengembangkan porang yang sudah kami tanam sejak Oktober 2020 lalu dengan bimbingan dari Perwakilan PT Paidi Indo Porang dan disupport lagi oleh Bank Sumsel Babel untuk mengembangkan petani porang di Babel," kata Zaiwan.

* Tasela Alternatif Pundi Petani

Halaman
12
Editor: Fery Laskari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved