Breaking News:

Fakta Tentang Gangguan Psikologis Yang Umumnya Terjadi Pada Masa Perkembangan Anak

Detik demi detik pertumbuhannya selalu diiringi oleh pembelajaran , perhatian serta penanganan dari orang tuanya, hal tersebut sangat ber

IAIN SAS Bangka Belitung
Siti Rohayu (Mahasiswi IAIN SAS Babel) 

Oleh: Siti Rohayu
Mahasiswi IAIN SAS Bangka Belitung

TUMBUH kembang setiap anak itu berbeda-beda. Prosesnya itulah yang sangat amat harus dipahami serta memerlukan bantuan orang tua dalam mengenali masa tumbuh kembangnya anak.

Maka dari itu, anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan ini memerlukan perhatian tersendiri yang sangat khusus. anak-anak pada fase ini ,mulai belajar mengenali hal-hal baru yang belum pernah ia ketahui.

Detik demi detik pertumbuhannya selalu diiringi oleh pembelajaran, perhatian serta penanganan dari orangtuanya, hal tersebut sangat berpengaruh besar terhadap pertumbuhannya.

Apabila pada fase tumbuh kembang anak mulai terlihat perubahan-perubahan yang tidak biasa dengan proses tumbuh anak lain, orangtua diharapkan dapat dengan sigap melakukan penanganan yang sesuai dengan perubahan itu.

Untuk para orangtua apabila sudah melihat perubahan pada tumbuh kembang anaknya atau perbedaan tumbuh anaknya, jangan pernah menganggap hal tersebut dengan sepele atau hal yang dianggap biasa saja yang tidak memerlukan penanganan tersendiri. Sebab hal yang dianggap remeh seperti itulah yang sering diabaikan para orangtua.

Sebab, bermula dari gangguan-gangguan yang dianggap biasa bisa mengakibatkan gangguan yang sangat serius dan perlu ditangani oleh psikolog yakni dengan orangtua berkonsultasi dengan ahlinya mengenai apa apa saja perubahan yang dialami anaknya, agar penanganan gangguan sang anak segera diatasi dengan cara yang apa dibutuhkan bisa dengan tepat.

Masalah psikologis seperti itu berkaitan dengan kejiwaan serta kesehatan mental . Takutnya nanti gangguan itu terbawa dari masa pertumbuhan anak hingga nanti ia tumbuh dewasa.

Biasanya,gangguan psikologis terhadap masa tumbuh anak yaitu,

1) Autisme, Gangguan perkembangan serius yang mengganggu kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi.Gangguan spektrum autisme yang memengaruhi sistem saraf. Rentang dan keparahan gejala dapat bervariasi.

Gejala umum berupa sulit berkomunikasi, sulit berinteraksi sosial, minat yang obsesif, dan perilaku repetitif.Pengenalan dini, serta terapi perilaku, pendidikan, dan keluarga dapat mengurangi gejala dan mendukung pengembangan dan pembelajaran.

2) Gangguan Kecemasan, merupakan sebuah gangguan perasaan cemas yang berlebihan. Gangguan ini ditandai dengan perasaan khawatir, cemas, atau takut yang cukup kuat untuk mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk anak seumuran itu, meras cemas merupakan hal yang wajar dimana anak-anak cenderung banyak mengetahui hal hal yang mereka belum mereka ketahui.Tapi bagaimana jika kecemasan tersebut terlalu berlebihan akan berdampak pada pemikiran sang anak dan otomatis akan mengganggu proses pertumbuhannya.

Nah, untuk menghindari gangguan tersebut, dalam masa pertumbuhan anak, orangtua harus memperhatikan ,membimbing serta memberikan penangangan apabila terjadi perbedaan dan hambatan pada perkembangan pada masa pertumbuhannya.

Penulis : Siti Rohayu
Mahasiswi IAIN SAS Babel

Editor: El Tjandring
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved