Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Ombudsman Bangka Belitung Gelar Koordinasi Terkait Kajian Vaksinasi Covid-19, Cegah Maladministrasi

Ombudsman RI Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyelenggarakan kegiatan koordinasi bersama stakeholder dalam rangka mendeteksi potensi

Bangkapos.com
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kepulauan Bangka Belitung Shulby Yozar Ariadhy 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Ombudsman RI Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyelenggarakan kegiatan koordinasi bersama stakeholder dalam rangka mendeteksi potensi maladministrasi pada pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 via zoom meeting.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung, Shulby Yozar Ariadhy, Jumat (5/3/2021) mengatakan, tahap kegiatan deteksi dan pemutakhiran dalam kajian Ombudsman Babel mengenai vaksinasi Covid-19 tersebut bertujuan untuk memperbarui informasi terkini dalam pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 serta guna mendukung validitas data kajian.

“Koordinasi ini kita lakukan pada tahap deteksi dan pemutakhiran data kajian dengan tujuan agar dapat mengetahui informasi terkini dalam pelaksanaan Vaksinasi Covid-19. Selain itu, kami juga bermaksud untuk dapat memperoleh informasi yang valid mengenai kendala-kendala yang dihadapi guna memperkuat kajian Ombudsman ini. Insa Allah bersama-sama kita akan mencari solusinya berdasarkan data sehingga dapat berdampakbaik kepada penerima pelayanan vaksinasi di Kepulauan Bangka Belitung," jelas Yozar dalam rilis, Jumat (5/3/2021).

Lebih lanjut, dalam diskusi panel tersebut Yozar menggali informasi mengenai alur pendistribusian, pengolahan limbah di Pulau Bangka dan Pulau Belitung, prosedur pengaduan dan sistem penganggaran Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Babel. 

Ia beranggapan ketiga hal tersebut penting untuk dilakukan kajian pada tingkat daerah, sehingga diharapkan agar semua pihak terkait mampu memprediksi potensi masalah yang muncul dan segara sigap mengantisipasi potensi permasalahan tersebut sejak dini sesuai kewenangannya. 

Namun, ia tetap membukamembuka diskusi apabila ada potensi permasalahan yang penyelesaiannya mungkin merupakan kewenangan Pemerintah Pusat.
 

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Hermain, Jumat (5/3/2021) menyatakan, terkait rantai distribusi Vaksin Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah siap dalam hal standarisasi sarana dan prasarana serta prosedur seperti tahap penyimpanan, pengangkutan, pengaturan suhu, SDM, pengamanan dan sebagainya. 

“Terima kasih pak kepala perwakilan, apabila ditinjau dari sisi sarana prasarana dan prosedur, pelaksanaan distribusi serta logistik Vaksin Covid-19 di Babel Insa Allah dengan koordinasi yang baik, hal tersebut akan berjalan sebagaimana yang kita harapkan karena setiap tahapan telah sesuai standar seperti penyimpanan, pengangkutan, pengaturan suhu, SDM, Pengamanan dan sebagainya," ujar Hermain.

Sementara, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dr Bangun Cahyo Utomo, Jumat (5/3/2021) menanggapi terkait pengelolaan limbah Vaksinasi Covid-19. 

Menurutnya, prosedur yang diterapkan dalam pengelolaan limbah vaksinasi Covid-19 ini yaitu melalui cara mengumpulkan limbah infeksius dan non infeksius dalam wadah yang telah disediakan sesuai standar yang berlaku. 

Halaman
12
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved