Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Penting Menjaga Kesehatan Telinga Sejak Dini, Hati-hati Saat Membersihkannya

Telinga termasuk panca indra pendengaran yang amat penting untuk dijaga kesehatannya.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan, Bedah Kepala Leher Siloam Hospital, dr Roni Januardi, Sp. T.H.T.K.L saat Bincang Sehat di Kantor Bangka Pos, Jumat (5/3/2021). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Telinga termasuk panca indra pendengaran yang amat penting untuk dijaga kesehatannya.

Pembentukan telinga dimulai sejak kehamilan minggu keempat sampai minggu ke-24.

Bahkan usia 6 bulan kehamilan, seorang bayi di dalam kandungan itu sudah bisa mendengar suara yang dapat merangsang perkembangan otak bayi.

"Saat usia bayi di dalam kandungan itu 6-7 bulan, bayi bisa mendengar suara detak jantung ibunya. Maka untuk merangsang tumbuh otak bayi, kadang diberikan mendengar musik klasik, suara itu menghasilkam gelombang yang dapat mengaktifkan saraf bayi tersebut,"jelas Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan, Bedah Kepala Leher Siloam Hospital, dr Roni Januardi, Sp THT KL saat Bincang Sehat di Kantor Bangka Pos, Jumat (5/3/2021).

Setelah bayi lahir, penting sekali memeriksa pendengaran, hal ini agar bisa mengantisipasi dengan cepat bila terjadi ketulian bawaan dari lahir dan keterlambatan bisa berbicara.

"Usia 1-2 hari setelah kelahiran perlu dilakukan skrining pendengaran. Kalau setelah lahir, suara apapun bayi bisa dengar," kata dr Roni.

Pembersihan telinga bayi pada bagian luar maupun dalam perlu dipahami dengan benar dan tepat, bahkan penggunaan cotton bud tidak dianjurkan.

Kegiatan mandi secara rutin atau pola hidup sehat bahkan mengusap telinga dengan air (wudhu), bisa membersihkan telinga dengan sendirinya.

"Sebenarnya tidak ada anjuran dari kami, perkumpulan dokter THT, membersihkan telinga menggunakan cotton bud," tegas dr Roni.

Anak kecil yang lahir sehat dan sudah melakukan skrining, bila pendengaran normal. Dimandikan biasa saja, kemudian di lap dengan handuk, itu sudah membantu membersihkan kotoran di luar telinga, tidak usah takut air masuk ke dalam telinga, sebab ada pembatas, air yang masuk ke telinga tidak akan masuk ke otak.

Halaman
12
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved