Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Sektor Pariwisata di Bangka Belitung Diharapkan Mampu Bantu Pendapatan Daerah Pascatambang

Bangka Belitung merupakan provinsi penghasil timah. Pascatimah, sektor pariwisata akan diandalkan untuk pengembangan pendapatan daerah.

Bangkapos/Riki Pratama
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Syaifuddin 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bangka Belitung merupakan provinsi penghasil timah. Pascatimah, sektor pariwisata akan diandalkan untuk pengembangan pendapatan daerah.

Namun, hingga saat ini belum terasa pendapan daerah dari sektor wisata yang mampu membantu keuangan daerah di Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Syaifuddin, mengatakan, tentunya pascatambang, nanti sektor pariwisata yang diharapkan mampu menjadi daya tarik dan pendapatan masyarakat di Babel.

"Jadi dengan pasca tambang ini banyak tempat wisata alam yang dikelola oleh kelompok masyarakat, seperti pokdarwis dan komunitas yang ada di masing-masing daerah membuat menciptakan daya tarik wisata yang akan dikunjungi, karena kita tidak mengandalkan wisata pantai saja sekarang ini," kata Syaifuddin kepada Bangkapos.com Jumat (5/3/2021) di kantor DPRD Babel.

Syaifuddin mengatakan, sektor alam ini perlu diandalkan karena menjadi daya tarik wisata selain wisata pantai yang telah banyak menjadi lokasi kunjungan wisata.

 "Kemudian untuk Kawasan Ekonomi Khusus, saat ini masih proses, terutama untuk wilayah Sungailiat Bangka, memang masih dalam proses termasuk Bangka Tengah Tanjung Gunung dalam proses di Kementerian. Ini sedang diusahakan, semoga saja ditetapkan oleh presiden, dengan itu bisa mengembangkan ekonomi di Babel untuk pasca tambang nanti," ujarnya.

Selain itu, Syaifuddin mengatakan, Dinas Pariwisata dan DPRD Babel juga sedang merancang Perda Pariwisata, tujuannya untuk memberikan aturan dan menarik sebanyak mungkin kunjungan wisatawan ke Babel.

"Ini perda mengatur masalah kepariwisataan. Dengan adanya (Perda) ini, ada payung hukum. Yang datang ke Babel ada kewajiban, haknya. Diharapkan perda ini dipatuhi oleh mereka melakukan perjalanan wisata. Tentunya di Babel ini terus mengundang, menampilkan tempat wisata yang bagus, patut dikunjungi," ujarnya.

Dia menerangkan, perda pariwisata nantinya diharapkan meningkat PAD dan kunjungan wisata ke Bangka Belitung.

"Kita harapkan bisa meningkatkan kunjungan wisata, otomatis meningkatkan pendapatan masyarakat di Babel terutama pelaku usaha dan pengelola pariwisata,” ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Riki Pratama
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved