Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Fasilitas RTH Alun-Alun By Pas Koba Rusak, DLH Bangka Tengah Sudah Puluhan Kali Lakukan Perbaikan

Ruang Terbuka Hijau (RTH) Alun Alun By Pass, Koba Bangka Tengah yang menjadi salah satu taman bagi masyarakat untuk mengisi waktu luang

Bangkapos.com/Sela Agustika
Ruang Terbuka Hijau (RTH) Alun Alun By Pas, Koba Bangka Tengah 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Ruang Terbuka Hijau (RTH) Alun Alun By Pass, Koba Bangka Tengah yang menjadi salah satu taman bagi masyarakat untuk mengisi waktu luang bersama keluarga ataupun berolahraga. 

Sayangnya, kondisi beberapa fasilitas RTH Taman Koba yang biasanya dijadikan tempat wahana bermain anak-anak dan jalan olahraga ini banyak yang rusak.

Seperti yang tampak terlihat oleh Bangkapos.com, RTH Alun-Alun By Pass, Koba Bangka Tengah ini beberapa fasilitas permainan anak-anak sudah tidak bisa dipergunakan lagi karena rusak, bahkan asbes atap pelindung m pun banyak yang sudah rusak.

Menanggapi kondisi RTH ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangka Tengah yang menjadi salah satu pengolah telah puluhan kali memperbaiki fasilitas-fasilitas yang rusak.

"Kalau perbaikan RTH di Alun-Alun By Pas ini, bukan satu, dua, tiga kali lagi kita benarkan. Tapi sudah puluhan kali, kita benarkan roboh lagi, baik untuk pemainan, alat olahraga ataupun asbes yang rusak," kata Plt Dlh Bangka Tengah Pitor, Sabtu (6/3/2021).

Bahkan ia mengatakan, tak hanya akses permainan dan olahraga, kabel penerang yang sudah ditanam di bawah tanah pun habis digali oleh oknum yang sampai saat ini tidak diketahui pelakunya.

"Jadi akses penerang dan kabel pun mereka gunting. Kita juga bingung entah kapan mereka melakukan ini. Kadang-kadang ada juga yang melapor ke kita, tentang kerusakan ini baik itu kepala dinas dan lainnya yang berolahraga di sini dan kita juga tidak tahu siapa oknumnya," keluh Pitor.

Di tengah kondisi saat ini ia menyebutkan, pihaknya akan mempertimbangkan kembali untuk melakukan perbaikan pada RTH Alun-Alun by Pas, Koba Bangka Tengah.

"Untuk biaya pemeliharaan jujur saja saat ini sudah tipis, namun ini akan kita pertimbangkan kembali untuk melakukan perbaikan jika kondisi dan situasi ini keungan nemungkinkan," sebut Pitor.

Sebelumnya, berbagai upaya telah dilakukan pihak DLH Bangka Tengah dalam merawat RTH ini, mulai dari memberi papan-panan nama yang bertuliskan untuk menjaga dan merawat RTH ini.

Lebih lanjut untuk perawatan RTH sampai saat ini masih dilakukan oleh petugas kebersihan.

"Untuk perawatan dan petugas kebersihan di taman ini kita punya kurang lebih 4 orang, dimana mereka ini setiap pagi dan sore selalu merawat taman ini," ucapnya.

Dia berharap kedepannya masyarakat sadar dan penting untuk merawat dan melindungi fasilitas yang sudah ada.

"Kita mohon kepada masyarakat semua untuk tetap menjaga taman ini karena ini juga untuk keindahan kita bersama. Jadi mari sama-sama kita menjaga," ajak Pitor.

(Bangkapos.com/Sela Agustika)

Penulis: Sela Agustika
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved