Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Gubernur Bangka Belitung Datangkan Tiga Alat GeNose Pendeteksi Virus Corona

Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mendatangkan alat pendeteksi virus corona bernama GeNose C-19

Bangkapos.com/Riki Pratama
Alat pendeteksi virus corona bernama GeNose C-19, yang dibuat oleh para ahli dari Universitas Gadjah Mada (UGM), dilakukan uji coba terhadap pekerja di rumdin gubernur, pada Sabtu (6/3/2021) siang 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mendatangkan alat pendeteksi virus corona bernama GeNose C-19, yang dibuat oleh para ahli dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

Sebanyak tiga unit GeNose terlihat berada di rumah dinas gubernur, pada Sabtu (6/3/2021) siang, usai tiba dari Yogyakarta.

Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman, mengatakan, alat GeNose ini nanti akan digunakan untuk mendeteksi virus corona secara di dini masyarakat Babel.

Pantauan Bangkapos,com, usai datang dari tempat asalnya Yogyakarta GeNose langsung dirakit dan dites, dilakukan terhadap pegawai yang ada di rumah dinas gubernur.

Alat tersebut mengidentifikasi virus corona dengan cara mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC).

VOC terbentuk lantaran adanya infeksi Covid-19 yang keluar bersama napas.

Orang-orang yang akan diperiksa menggunakan GeNose, terlebih dahulu diminta mengembuskan napas ke kantong plastik khusus. Sensor-sensor dalam tabung itu lalu bekerja mendeteksi VOC.

"Ini merupakan suatu alat yang sudah bisa dijadikan standar untuk mengecek apakah masyarakat kita positif atau negatif positif Covid-19," jelas Erzaldi Rosman, kepada Bangkapos.com, Sabtu (6/3/2021) di rumah dinas gubernur.

Dia mengatakan selama ini alat tes yang digunakan berupa SWB PCR dan rapid antigen memerlukan biaya banyak, dan dengan alat ini diharapkan mampu menghemat anggaran tes virus corona.

"Untuk itu selama ini kan kita memakai rapid antigen, swab dan sebagainya ini kan mahal sekali. Untuk lebih memperketat dan menekan penyebaran virus covid-19 ini saya mengambil inisiatif untuk membeli alat ini,"kata Erzaldi.

Halaman
123
Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved