Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Komunitas RESAM Komitmen Rangkul Pemuda Daerah, Peduli dan Bantu Sesama

Berniat ingin membantu sesama manusia yang sedang kesusahan dan membutuhkan, membuat Komunitas Relawan Aksi Sosial Kemanusian (RESAM) terbentuk.

Dok/Resam
Berbagai kegiatan komunitas RESAM 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Berniat ingin membantu sesama manusia yang sedang kesusahan dan membutuhkan, membuat Komunitas Relawan Aksi Sosial Kemanusian (RESAM) terbentuk.

Komunitas yang berdiri mulai pertengahan tahun 2020 ini sudah memiliki anggota kurang lebih 58 orang yang sebelumnya tergabung dari 10 komunitas di Kecamatan Kelapa, Bangka Barat.

Ketua Komunitas RESAM, Jamaludin menceritakan awal terbentuknya komunitas yang bergerak di bidang kemanusian ini.

"Saya asli Pangkalpinang, pindah ke Kelapa, kemudian saya iba dengan tetangga saya yang mengidap penyakit kanker, saya koordinasikan ke Babel Peduli, kebetulan saya juga anggotanya.

Mendapat respon yang baik dari RSUP Babel dan dirujuk ke sana, semua transport dan makan ditanggung oleh Babel Peduli. Kita juga donasi, jadi saya viralkan di wilayah Bangka Barat, Alhamdulilah banyak komunitas turun serta, lama kelamaan, kita ngobrol untuk menjadikan satu kesatuan komunitas," ungkap Jamaludin, Sabtu (6/3/2021) kepada Bangkapos.com.

Berbagai kegiatan komunitas RESAM
Berbagai kegiatan komunitas RESAM (Ist/Resam)

Dalam kegiatan kemanusian seperti membantu orang sakit parah dan bencana, komunitas ini saling sinergi dengan komunitas lain dan komitmen merangkul pemuda daerah di setiap desa di wilayah Bangka Barat.

"Alhamdulillah, relawan kita sudah banyak ada di setiap desa, kita saling kordinasi untuk pengalangan dana dan kita juga merangkul pemuda daerah seperti karang taruna untuk ikut serta," kata Jamaludin.

Sejauh ini, tanggapan pemuda daerah sangat baik dan antusias dalam membantu sesama saudara di wilayah Bangka Barat itu.

"Kita biasa galang dana di jalan, kita juga berkoordinasi dengan pemerintah dan Alhamdulilah dibantu surat menyurat atau rujukan biasa dipermudah," sebut Jamaludin.

Berbagai kegiatan komunitas RESAM
Berbagai kegiatan komunitas RESAM (Dok/Resam)

Selain melakukan berbagai bakti sosial, kegiatan komunitas di tengah pandemi Covid-19 ini juga mengiatkan penyemprotan disinfektan yang bekerjasama dengan TAGANA (Taruna Siaga Bencana) Provinsi Bangka Belitung.

Ia berharap anggota komunitas RESAM terus solid dan komitmen dalam membantu sesama.

"Semoga apa yang kita lakukan ini bisa membantu dan bermanfaat bagi orang lain, dan tentu ini tak luput dari dukungan masyarakat sini juga," ungkap Jamaludin.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Tags
komunitas
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved