Breaking News:

Berita Pangkalpinang

BBM Jenis Premium di Bangka Belitung Bakal Dihapuskan, Aksan: Jangan Sampai Mencekik Rakyat

PT Pertamina Bangka telah merencanakan melakukan penghapusan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium di Provinsi Bangka Belitung

Ist/PT Pertamina
Ilustrasi aktivitas di Pertamina saat pembeli mengisi bensin dengan memanfaatkan aplikasi MyPertamina (Foto Ist/Pertamina Sumbagsel). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- PT Pertamina Bangka telah merencanakan melakukan penghapusan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium di Provinsi Bangka Belitung pada pertengahan Maret 2021 ini. 

Penghapusan itu dilakukan sebagai dukungan Pertamina, untuk program langit biru yang diinisiasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk memperbaiki kualitas udara di Indonesia.

Ternyata, rencana penghapusan BBM jenis premium tersebut, dikritik oleh Anggota Komisi III DPRD Provinsi Bangka Belitung, Aksan Visyawan. 

Ia menanyakan apa maksud dan tujuan menghapuskan BBM jenis premium, yang notabene merupakan bahan bakar bersubsidi serta banyak diperlukan masyarakat saat ini.

"Apakah maksud dan tujuannya, jangan kondisi dan momen saat ini dibebankan kepada rakyat seperti ini, jangan premium dihilangkan dan menggunakan pertalite yang juga terkesan sama seperti premium," sesal Aksan kepada Bangkapos.com, Selasa (9/3/2021).

Politisi PKS ini mengatakan BBM jenis premium saat ini masih dibutuhkan oleh masyarakat, jangan alasan lingkungan premium dihilangkan, sehingga membebani masyarakat.

"Artinya premium ini kan disubsidi pemerintah, kemudian bila dihapuskan maka tidak ada lagi subsidi, ini kita minta terus terang, jangan sampai bermain alasan lingkungan hidup. Hingga mencekik masyarakat, dengan menggunakan pertalite, sementara premium subsidi dibuang, jangan sampai masyarakat dibebankan,"tegasnya.

Aksan mengharapkan perlunya adanya penjelasan serta sosialasi dilakukan pemerintah secara transparan terkait upaya penghapusan BBM premium nantinya dilakukan di Bangka Belitung.

"Jadi kalau maksudnya untuk lingkungan bagus. Tetapi masyarakat jangan sampai salah tafsir macam macam. Karena ada yang ingin tahu tujuanya apa, masyarakat jangan sampai timbul suudzon karena premium ini BBM paling murah, jadi perlu sosialisasi dan sampaikan ke masyarakat," jelasnya.

Baca juga: Pertengahan Maret BBM Premium di Pangkalpinang Bakal Dihapuskan, Digantikan Pertalite Harga Khusus

Baca juga: Rencana PT Pertamina Peralihan Premium ke Pertalite, Harga Lebih Mahal Kurang Diminati

Sebelumnya, Branch Sales Manager PT Pertamina Bangka Satriyo Wibowo Wicaksono, mengatakan, penghapusan premium merupakan dukungan Pertamina untuk program langit biru yang diinisiasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk memperbaiki kualitas udara di Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved