Breaking News:

Berita Sungailiat

Dampak dan Tips Penggunaan Gadget untuk Anak, Berikut Penjelasan Psikolog RSJ Bangka Belitung

Penggunaan gadget, seperti  handphone, tab, laptop, komputer, TV dan lainnya tidak selalu berdampak negatif bagi anak, selama dalam penggunaannya di

bangkapos.com
Mita Octarina, M.Psi, Psikolog Klinik Psikologi RSJ Provinsi Babel. (Bangkapos.com/Edwardi) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Penggunaan gadget, seperti  handphone, tab, laptop, komputer, TV dan lainnya tidak selalu berdampak negatif bagi anak, selama dalam penggunaannya didampingi  dan diawasi oleh orang tua. 

Berikut penjelasan Mita Octarina, M.Psi, Psikolog Klinik Psikologi Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Bangka Belitung (Babel) kepada Bangkapos.com, Selasa (9/3/2021) di ruang kerjanya.

Namun untuk anak usia di bawah dua tahun katanya, sebaiknya tidak diberikan akses pada gadget. 

Sedangkan untuk anak usia 2 - 5 tahun sebaiknya pemberian gadget hanya dilakukan pada program yang berkualitas, untuk pembelajaran dan durasi waktu pun tidak lebih satu jam perhari. 

"Untuk anak yang berusia enam tahun ke atas sebaiknya pemberian gadget dengan aturan dan kesepakatan yang telah disepakati bersama orangtua, sehingga jelas waktu penggunaannya," kata Mita.

Ditambahkannya, seperti yang telah diketahui adanya gadget  (handphone, tab, dll) yang terhubung dengan teknologi internet saat ini sangat memudahkan kita tidak hanya untuk berkomunikasi, tetapi mendukung untuk melakukan aktivitas lain dalam mencari informasi sehingga harus ada batasan jelas dalam penggunaannya agar tidak terkena dampak negatif. 

"Apalagi untuk anak-anak, aturan, batasan harus jelas dibuat oleh orangtua dan didukung dengan pengawasan serta bimbingan," tegas Mita.

Sementara itu ketika pengawasan dan aturan tidak diterapkan, maka anak akan terkena dampak negatif dari penggunaaan gadget seperti mengalami masalah bicara pada anak yang masih kecil, penurunan konsentrasi, prestasi belajar menurun, empati kurang berkembang karena jarang berinteraksi sosial, mengalami gangguan tidur, adiksi, dan lain-lain.

Tips Penggunaan Gadget untuk Anak :

1. Buat aturan tentang penggunaan gadget, baik waktu penggunaan dan  durasi.

2. Buat aturan / jadwal yang mengharuskan semua anggota sekeluarga lepas dari gadget, misalnya saat makan malam bersama, menjelang tidur atau saat bepergian sekeluarga.

3. Lakukan seleksi terhadap aplikasi yang bermanfaat untuk anak . Misalnya aplikasi untuk belajar mengenal warna, berhitung dsb. 

4. Luangkan waktu untuk melakukan aktivitas lain bersama anak sebagai pengganti bermain gadget, seperti berenang, ke pantai, menggambar, dll. (Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Fery Laskari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved