Breaking News:

Kenakalan Remaja Masa Kini dari Sudut Pandang Psikologi Islam

lingkungan keluarga dan masyarakat. Selain itu, remaja juga masih membutuhkan bimbingan dalam

IAIN SAS Bangka Belitung
Siti Jamilah (PAI 3G IAIN SAS Bangka Belitung) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Masa remaja merupakan masa transisi dari anak-anak menuju dewasa.

Pola pikir dan perilaku mereka sangat dipengaruhi oleh lingkungannya, seperti lingkungan pergaulan/pertemanan, lingkungan keluarga dan masyarakat. Selain itu, remaja juga masih membutuhkan bimbingan dalam menentukan pilihan dan tujuannya.

Kenakalan  remaja merupakan prilaku atau kegiatan yang sudah melanggar hukum dan merugikan bagi diri sendiri atau lingkungan sekitarnya.

Jika perbuatan tersebut dilakukan maka remaja tersebut akan dikenakan sanksi hukum. Kenakalan di masa remaja saat ini, meliputi pergaulan bebas, seks bebas, dan memakai narkoba . 

Pergaulan bebas identik dengan pergaulan pada remaja yang menyimpang dan merugikan, sebagai contoh minum minuman keras, berjudi, memakai narkoba, mencuri dan lainnya. Biasanya remaja yang salah pergaulan akan mudah mengikuti apapun yang dilakukan oleh temannya demi mengikuti trend tanpa mengetahui sebab akibatnya.

Hal ini dikarenakan pola pikir remaja belum terbentuk sepenuhnya sehingga mereka cenderung ikut-ikutan.

Pergaulan seks bebas sudah merajalela baik dikalangan pelajar atau dikalangan remaja pada umumnya. Sebagai contoh banyak remaja yang berpakaian ketat dan terbuka, demi hanya untuk kesenangan semata dan terlihat gaul.

Selain itu, banyak remaja yang berpacaran di lingkungan sekolah atau di tempat-tempat yang sepi sehingga, banyak dari mereka yang melakukan hal-hal menyimpang dimulai dari ciuman hingga melakukan seks bebas.

Faktor lingkungan juga sangat berpengaruh pada masa remaja, dimana perkembangan lingkungan dapat memberikan dampak kepada psikologis remaja baik itu dampak positif maupun negatif.

Salah satu dampak positifnya ialah keluarga memberikan dukungan dan memperhatikan anak mereka dalam perkembangannya menuju dewasa, sehingga remaja lebih peduli kepada lingkungan dan mengejar cita-citanya.

Halaman
123
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved