Breaking News:

Babel Lawan Covid19

Posko Relawan Covid 19 Simpul Babel Buka Pendataan Vaksinasi Covid-19

Simpul Babel langsung membentuk Tim Medical Intelegence yang akan membantu mendata target sasaran masyarakat penerima vaksinasi covid 19

Editor: Edi Yusmanto
Dok Satgas Covid Babel
Ketua Satgas Relawan Covid 19 Simpul Babel Ujang Supriyanto Divaksin Covid 19 

BANGKAPOS.COM - Ketua Satgas Relawan Covid19 Simpul Babel Ujang Supriyanto merespon cepat kritik Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman terkait lambatnya vaksinasi kepada masyarakat.

Simpul Babel langsung membentuk Tim Medical Intelegence yang akan membantu mendata target sasaran masyarakat penerima vaksinasi covid 19 secara data base berdasarkan sasaran vaksin yang telah ditetapkan pemerintah.

Sesuai data pencapaian total sasaran vaksinasi di Bangka Belitung, secara keseluruhan sebanyak 182.035 jiwa.

Vaksinasi tahap satu baru mencapai 18.764 jiwa (10,31%) dan tahap dua 9.985 jiwa (5,49%).

Hal ini masih jauh dari harapan, Karena dari segi persentase, Bangka Belitung terdorong berada di tengah-tengah.

"Apabila masih ada masyarakat yang profesinya sudah ditunjuk untuk mendapatkan vaksin, namun masih belum mendapatkan vaksin, maka agar segera mendaftar secara berkelompok ke posko Relawan Covid 19 Simpul Babel. Untuk selanjutnya akan diteruskan kepada puskesmas-puskesmas dengan data yang betul-betul akurat dan bisa menjadi bahan target sasaran di pusat pelayanan kesehatan setempat.  Dan secara tidak langsung bisa memenuhi target maksimal pemberian vaksin kepada masyarakat. Bagi kelompok-kelompok masyarakat yang kebetulan sudah siap vaksin sesuai ketetapan pemerintah tapi tidak terakses dengan pelayanan kesehatan setempat, maka bisa melakukan pendaftaran di posko relawan Covid 19 Simpul Babel," jelas Ujang. 

Jajaran Satgas Covid-19 Babel divaksin covid-19 di Dinas Kesehatan Bangka pada 1-5 Maret 2021.
Jajaran Satgas Covid-19 Babel divaksin covid-19 di Dinas Kesehatan Bangka pada 1-5 Maret 2021. (Dok Satgas Covid Babel)

Sebelumnya Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengkritisi kinerja sejumlah pihak yang dinilai lambat dalam upaya pemberian vaksin covid-19 kepada masyarakat. Maka dari itu akan dibentuk tim percepatan vaksinasi.

Hal itu dikemukakannya setelah tatap muka bersama Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI Muhammad Budi Hidayat di Rumah Dinas Gubernur, Sabtu (06/03/2021) lalu.

“Tim verifikasi dan pemantauan nantinya akan dilakukan oleh relawan. Sehingga membagi tim dengan efisien maka percepatan vaksinasi akan tercapai dengan optimal,” kata gubernur dalam rilis yang diterima bangkapos.com, Selasa (9/3/2021).

Perjuangan menghambat penyebaran virus corona ini memang tak mudah. Sejumlah pihak kata gubernur sudah melakukan berbagai upaya agar virus ini tak meluas hingga melakukan penegakkan peraturan daerah (perda). Hingga akhirnya kabar vaksin sudah bisa disuntikkan kepada masyarakat. 

Masalahnya, gubernur melihat ketika vaksinasi sudah bisa dilakukan namun lambat dalam realisasinya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved