Breaking News:

Advertorial

Tanam Bibit Sawit dan Jagung Pipil, Gubernur Minta Petani Jangan Andalkan Satu Komoditi

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman menekankan pada para petani dalam aktivitas bercocok tanam jangan hanya mengandalkan satu komoditi

Diskominfo Babel
Acara penanaman perdana benih peremajaan kelapa sawit perkebunan dan jagung pipil di Desa Puput, Bangka Tengah, Rabu (10/3/21). 

BANGKAPOS.COM - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman menekankan pada para petani dalam aktivitas bercocok tanam jangan hanya mengandalkan satu komoditi saja tetapi harus dua bahkan tiga komoditi, menggunakan pola tanaman sela, seperti jagung, kedelai ataupun porang untuk meningkatkan pendapatan para petani. 

Hal tersebut dikatakan Gubernur Erzaldi saat melakukan penanaman perdana benih peremajaan kelapa sawit perkebunan dan jagung pipil di Desa Puput, Kecamatan Simpang Katis, Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (10/3/21). 

"Jangan kita hanya mengandalkan satu komoditas saja. Kalau harga komoditas satu turun kita bisa mengandalkan yang lain," jelasnya. 

Selain itu, Dalam sambutannnya Bang ER sapaan akrabnya juga menekankan program peremajaan bibit sawit ini bukan hanya sekedar seremonial belaka, tetapi jika para petani merasa sawitnya produksinya kurang maksimal agar dapat mengikuti program ini. 

"Jangan sampai hilang kesempatan yang baik ini. Manfaatkan dengan sebaik-baiknya," ungkapnya. 

Dalam rangka peremajaan kelapa sawit rakyat pada tahun 2021 di Kabupaten Bangka Tengah, benih kelapa sawit secara simbolis ditanam di areal perkebunan seluas 4 hektar dari target 500 hektar, dengan melibatkan Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) melalui sumber dana dari Pemerintah Kabupaten dan Provinsi Kepuluan Bangka Belitung. 

Tekan Inflasi, Gubernur Tingkatkan Produktivitas Bawang Merah 

Gubernur Erzaldi pada kesempatan itu juga turut menyaksikan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kegiatan klaster bawang merah Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) Tahun 2021 antara Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman dengan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Bangka Belitung, Tantan Heroika. 

Penandatanganan MoU Kegiatan Kegiatan klaster bawang merah PSBI Tahun 2021 yang bertujuan untuk mendorong peningkatan produktifitas bawang merah, mendukung pengendalian tanaman bawang merah, mendorong peningkatan perekonomian daerah, dan juga pengembangan kelembagaan petani. 

"Kegiatan yang kita awali dari Kabupaten Bangka Tengah ini agar dapat diinformasikan ke petani lainnya," ucapnya. 

Halaman
12
Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved